Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Mixed Media Education Intervention Program terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Anemia Gizi Besi di SMA N 1 Talamau Pasaman Barat Tahun 2020

Syeptri, Agiani Putri (2020) Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Mixed Media Education Intervention Program terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Anemia Gizi Besi di SMA N 1 Talamau Pasaman Barat Tahun 2020. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2.BAB 1.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
3.BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
5.FULL TESIS SYEPTRI AGIANI PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Anemia gizi besi merupakan salah satu masalah kesehatan yang saat ini banyak terjadi pada remaja putri. Strategi intervensi dalam penanganan anemia tidak hanya dengan pemberian suplemen zat besi/fe tetapi juga dapat dicegah dengan cara memberikan pengetahuan yang tepat tentang diet sehat, perubahan gaya hidup, dan memberitahu dampak buruk dari kekurangan zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan mixed media education intervention program terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia gizi besi di SMA N 1 Talamau. Desain penelitian quasy eksperiment pre-post test with control group. Sampel berjumlah 190 orang terdiri dari 95 responden kelompok intervensi dan 95 responden kelompok kontrol dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian dengan memakai kuesioner pengetahuan dan sikap. Hasil penelitian dengan uji paired sample T test diperoleh hasil pengetahuan p value 0,000 dan sikap p value 0,000 artinya terdapat pengaruh intervensi pendidikan kesehatan dengan mixed media education intervention program terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia gizi besi. Rekomendasi pada petugas Puskesmas Talu untuk menjadikan mixed media education intervention program (ceramah powerpoint, video motions, dan demonstrasi) sebagai salah satu media pendidikan kesehatan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri terkait dengan anemia gizi besi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: anemia, pendidikan kesehatan, pengetahuan, remaja putri, sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:22
Last Modified: 18 Sep 2020 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62288

Actions (login required)

View Item View Item