PERUBAHAN POLA AKTIVITAS MASYARAKAT DI SISI RUAS JALAN TERHADAP KINERJA JALAN PADA JALAN ALAI-BY PASS SEBAGAI JALAN EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA PADANG

Marlinda, Marlinda (2020) PERUBAHAN POLA AKTIVITAS MASYARAKAT DI SISI RUAS JALAN TERHADAP KINERJA JALAN PADA JALAN ALAI-BY PASS SEBAGAI JALAN EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Padang merupakan kota yang rawan akan bencana gempa bumi dan tsunami. Risiko tersebut ada karena banyak orang yang tinggal dan bergerak di kawasan pantai Kota Padang. Salah satu cara untuk mengurangi korban jiwa adalah dengan peningkatan kesiapsiagaan jalur evakuasi tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja Jalan Alai-By Pass yang telah ditetapkan sebagai jalur evakuasi tsunami di Kota Padang untuk tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya melalui peninjauan terhadap perubahan aktivitas di sisi jalan, menilai kelengkapan jalan serta menganalisis apakah Jalan Alai-By Pass memenuhi kriteria sebagai jalur evakuasi. Metode kuantitatif digunakan untuk menghitung volume lalu lintas, perubahan jumlah bangunan di sisi jalan, kapasitas jalan, derajat kejenuhan dan kinerja jalan. Hasil perhitungan menunjukan bahwa kapasitas Jalan Alai-By Pass semakin menurun, sehingga angka derajat kejenuhan semakin bertambah dari 0.33 (pada tahun 2016) dengan indeks tingkat pelayanan (ITP B) (MKJI 1997) menjadi 0.60 di tahun 2019 (ITP C). Hal ini menunjukan bahwa kinerja Jalan Alai-By Pass menurun. Perubahan pola aktivitas masyarakat di sisi ruas jalan Alai-By Pass memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap meningkatnya hambatan samping yang mengakibatkan menurunnya kinerja Jalan Alai-By Pass. Untuk itu diperlukan solusi penanganan agar menyediakan lahan parkir oleh toko-toko, larangan berjualan di trotoar, pemasangan rambu lalu lintas, serta kesadaran bersama pengguna jalan untuk tertib dan taat saat berkendara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yossyafra, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Jalur Evakuasi, Hambatan samping, dan Kinerja Jalan Alai-By Pass
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:17
Last Modified: 22 Sep 2020 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62086

Actions (login required)

View Item View Item