Marlinda, Marlinda (2020) PERUBAHAN POLA AKTIVITAS MASYARAKAT DI SISI RUAS JALAN TERHADAP KINERJA JALAN PADA JALAN ALAI-BY PASS SEBAGAI JALAN EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (423kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Padang merupakan kota yang rawan akan bencana gempa bumi dan tsunami. Risiko tersebut ada karena banyak orang yang tinggal dan bergerak di kawasan pantai Kota Padang. Salah satu cara untuk mengurangi korban jiwa adalah dengan peningkatan kesiapsiagaan jalur evakuasi tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja Jalan Alai-By Pass yang telah ditetapkan sebagai jalur evakuasi tsunami di Kota Padang untuk tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya melalui peninjauan terhadap perubahan aktivitas di sisi jalan, menilai kelengkapan jalan serta menganalisis apakah Jalan Alai-By Pass memenuhi kriteria sebagai jalur evakuasi. Metode kuantitatif digunakan untuk menghitung volume lalu lintas, perubahan jumlah bangunan di sisi jalan, kapasitas jalan, derajat kejenuhan dan kinerja jalan. Hasil perhitungan menunjukan bahwa kapasitas Jalan Alai-By Pass semakin menurun, sehingga angka derajat kejenuhan semakin bertambah dari 0.33 (pada tahun 2016) dengan indeks tingkat pelayanan (ITP B) (MKJI 1997) menjadi 0.60 di tahun 2019 (ITP C). Hal ini menunjukan bahwa kinerja Jalan Alai-By Pass menurun. Perubahan pola aktivitas masyarakat di sisi ruas jalan Alai-By Pass memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap meningkatnya hambatan samping yang mengakibatkan menurunnya kinerja Jalan Alai-By Pass. Untuk itu diperlukan solusi penanganan agar menyediakan lahan parkir oleh toko-toko, larangan berjualan di trotoar, pemasangan rambu lalu lintas, serta kesadaran bersama pengguna jalan untuk tertib dan taat saat berkendara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yossyafra, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Jalur Evakuasi, Hambatan samping, dan Kinerja Jalan Alai-By Pass |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 04:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 04:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62086 |
Actions (login required)
View Item |