FAKTOR STIGMA DAN PERSEPSI TERHADAP TERTUNDANYA INISIASI TERAPI ARV PADA ORANG DENGAN INFEKSI HIV (TELAAH SISTEMATIS TAHUN 1990-2020)

Westi, Anugrah (2020) FAKTOR STIGMA DAN PERSEPSI TERHADAP TERTUNDANYA INISIASI TERAPI ARV PADA ORANG DENGAN INFEKSI HIV (TELAAH SISTEMATIS TAHUN 1990-2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6. KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Inisiasi terapi ARV segera berdampak pada penurunan mortalitas dan morbiditas ODHA tetapi masih banyak ODHA yang terlambatan dalam inisiasi ARV disebabkan oleh faktor medis, sosial, ekonomi dan psikologis. Penelitian mengenai hubungan stigma dan persepsidengan tertundanya inisiasi terapi ARV pada ODHA sudah diteliti oleh banyak peneliti dengan hasil yang beragam, untuk didapatkannya suatu kesimpulan yang valid dan mudah dipahami, maka peneliti ingin melakukan telaah sistematis terhadappenelitian-penelitian tersebut. Metode Penelitian ini merupakan systematic review dengan melakukan penelusuran artikel melalui limaelectronic database yaitu PubMed, ProQuest, Google Cendekia, Garuda dan DOAJ dengan menggunakan kombinasi kata kunci serta kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil Tujuh belas artikel yang ditelaah, 10 diantaranya merupakan penelitian kualitatif dan 7 penelitian kuantitatif (2 dengan desain kohort, 4 cross-sectional, dan 1 longitudinal). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa keterlambatan inisiasi terapi ARV didefinisikan berbeda-beda dari 17 artikel yang ditelaah sistematis, hal ini bisa disebabkan karena tahun, lokasi, subjek penelitian dan kebijakan ditempat penelitian yang bereda. Stigma dan persepsi negatif terhadap ARV bukan merupakan faktor tunggal yang menjadi penyebab tertundanya inisiasi terapi ARV tetapi diiringi faktor lainnya. Baik stigma internal maupun eksternal sudah membuat ODHA mengalami tekanan psikologis yang berat yang berdampak pada penutupan status HIV oleh ODHA, gangguan depresi sehingga mereka tidak mendapatkan dukungan sosial dan berdampak pada penundaan terapi ARV. Kesimpulan Keterlambatan inisiasi terapi ARV pada ODHA disebabkan karena faktor stigma dan persepsi negatif terhadap ARV, untuk mencegah keterlambatan tersebut makan tindakan untuk mengurangi atau bahkan meniadakan stigma dan menciptakan lingkungan yang mendukung bagi ODHA merupakan cara yang paling tepat. Daftar Pustaka : 96 (2001-2019) Kata kunci : ODHA, Persepsi Terhadap ARV, Stigma, Tertundanya inisiasi terapi ARV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vivi Triana, SKM. MPH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 17 Sep 2020 08:33
Last Modified: 17 Sep 2020 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62065

Actions (login required)

View Item View Item