PENGARUH EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUAL DENGAN METODE KOGNITIF PROAKTIF DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PERSIAPAN MASA PRAKONSEPSI BAGI REMAJA PUTRI DI SMAN 6 PADANG

FEBY, SURYAFMA (2020) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUAL DENGAN METODE KOGNITIF PROAKTIF DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PERSIAPAN MASA PRAKONSEPSI BAGI REMAJA PUTRI DI SMAN 6 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITA ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
watermark cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
WATERMARKS BAB I FEBY.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
watermark bab akhir penutup.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
watermark daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
watermark skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Mei 2020 FEBY SURYAFMA, No. BP 1610332002 Xx + 92 halaman + 9 tabel + 1 gambar + 10 lampiran PENGARUH EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUAL DENGAN METODE KOGNITIF PROAKTIF DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PERSIAPAN MASA PRAKONSEPSI BAGI REMAJA PUTRI DI SMAN 6 PADANG ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Masalah kesehatan reproduksi remaja dari waktu ke waktu semakin meningkat baik secara kualitatif maupun kuantitatif akibat kurangnya pemahaman tentang kesehatan reproduksi dan seksual. Berdasarkan hal tersebut maka pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual yang benar sangat diperlukan oleh remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemberian edukasi kesehatan reproduksi dan seksual dengan metode kognitif-proaktif terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri kelas X di SMAN 6 Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Januari-Maret 2020. Responden penelitian ini adalah siswi kelas X. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 66 subjek. Analisis data dengan menggunakannWilcoxon Signed Ranks Test (p<0,05). Hasil Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata pengetahuan siswi sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 25,48 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan adalah 32,0. Hasil analisis Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai p value (p=0,001) Kesimpulan Terdapat pengaruh edukasi kesehatan reproduksi dan seksual dengan metode kognitif proaktif dengan peningkatan pengetahuan remaja putri kelas X SMAN 6 Padang. Penelitian ini diharapkan menjadi masukkan bagi instansi pendidikan agar dapat memasukkan kurikulum mengenai pendidikan kesehatap reproduksi dan seksual disekolah dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi dan pemahaman seksualitas secara kuantitatif dan kualitatif melalui pengetahuan yang baik dari proses pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yulizawati, S.ST., M.Keb
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:12
Last Modified: 17 Sep 2020 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61709

Actions (login required)

View Item View Item