FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)OLEH TOKOH MASYARAKAT DI KECAMATAN ENDEMIS KOTA PADANG

MAHFUZHATUL, KHAIRIYAH (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)OLEH TOKOH MASYARAKAT DI KECAMATAN ENDEMIS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB AKHIR KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

gambar, 10 lampiran ABSTRAK Tujuan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tindakan pencegahan DBD yang di lakukan oleh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan pencegahan DBD oleh Tokoh Masyarakat di Kecamatan endemis Kota Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah Tokoh Masyarakat yang berada di Kecamatan Kuranji dan Kecamatan Koto Tangah, sampel penelitian sebanyak 95 responden yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis dengan analisis univariat , analysis bivariat (chi square 95 %) dan analsisi multivariat (regresi logistik). Hasil Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p=0,014), sikap (p=0,003), sarana dan prasarana (p=0,014), dan dukungan petugas kesehatan (p=0,005) dengan tindakan Tokoh Masyarakat dalam pencegahan DBD di Kecamatan endemis Kota Padang, tetapi tidak ada hubungan dengan pendidikan (p=0,109), dan keterpaparan informasi (p=0,416). Faktor dukungan petugas kesehatan (POR 3,5) merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam tindakan pencegahan DBD oleh Tokoh Masyarakat di Kecamatan Endemis Kota Padang. Kesimpulan Pengetahuan,sikap,sarana dan prasarana,dan dukungan petugas kesehatan memiliki hubungan yang signifikan dengan tindakan pencegahan DBD oleh Tokoh Masyarakat di Kecamatan Endemis Kota Padang. Faktor dukungan petugas kesehatan merupakan faktor yang paling berpengaruh. Saran bagi Tokoh Masyarakat untuk giat melakukan kegiatan 3M plus dan bagi petugas kesehatan untuk dapat mendampingi Tokoh Masyarakat dalam kegiatan pencegahan DBD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Suzana Eka Putri, PhD
Uncontrolled Keywords: Tindakan, Pencegahan, Demam Berdarah Dengue, Tokoh Masyarakat.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:05
Last Modified: 16 Sep 2020 06:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61621

Actions (login required)

View Item View Item