Campur Tangan Penerbit Bentang Pustaka dalam Menerbitkan Novel Happy Birth-Die Karya Risma Ridha Anissa (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Tesya, Nurul Indah (2020) Campur Tangan Penerbit Bentang Pustaka dalam Menerbitkan Novel Happy Birth-Die Karya Risma Ridha Anissa (Tinjauan Sosiologi Sastra). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
BAB AKHIR (penutup dan kesimpulan.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini, membahas tentang campur tangan penerbit Bentang Pustaka dalam menerbitkan novel Happy Birth-Die karya Risma Ridha Anissa dengan tinjauan Sosiologi Sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra yang dikembangkan oleh Robert Escarpit. Escarpit menjelaskan tentang prinsip dan metode kajian penerbit mengenai produksi, distribusi, dan distribusi buku sastra. Dalam menganalisis isi novel, peneliti menggunakan analisis unsur instrinsik. Analisis ini bertujuan untuk, melihat apakah ada perubahan isi cerita terhadap naskah asli novel sebelum diterbitkan dengan novel yang telah diterbitkan. Dalam menganalisis unsur instrinsik yang terdapat dalam novel, penulis juga menggunakan teori fiksi Robert Stanton. Adapun teknik dan metode yang digunakan dalam penelian ini, antara lain: Teknik penelitian kualitatif yang digunakan adalah wawancara, membaca dan memahami isi novel, menganalisis data secara instrinsik menggunakan teori struktural. Sedangkan, untuk melihat prinsip dan metode kajian penerbit menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra yang dikembangkan oleh Robert Escarpit. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, (1) penerbit Bentang Pustaka memiliki ketentuan dalam menerbitkan karya, (2) terdapat campur tangan penerbit Bentang Pustaka dalam menerbitkan novel Happy Birth-Die Karya Risma Ridha Anissa, berupa: a. penambahan prolog, b. penambahan, penghilangan, dan mengubah bagian dialog dan adegan, c. penambahan part/bagian cerita baru dan menghilangkan bagian bagian/part cerita pada novel, d. penambahan ilustrasi gambar pada novel Happy Birth-Die karya Risma Ridha Anissa (3) terdapat beberapa alasan serta tujuan penerbit dalam mengubah naskah asli novel Happy Birth-Die karya Risma Ridha Anissa, antara lain agar pembaca mendapatkan konteks yang lebih jelas dari isi cerita, untuk merapikan plot dan membuatnya lebih logis untuk dibaca, serta adanya alasan komersial, agar buku yang diterbitkan lebih laku dipasaran. Dari berbagai kesimpulan diatas, dapat dikatakan bahwa penerbit telah mencampuri sebagian besar dari novel Happy Birth-Die karya Risma Ridha Anissa. Karena, bisa dilihat langsung dari berbagai hal yang diubah penerbit, seperti: mengubah, menambah, dan menghilangkan bagian isi dari novel. Kata Kunci : Campur tangan penerbit, Bentang Pustaka, Novel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Armini Arbain, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:41
Last Modified: 14 Sep 2020 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61545

Actions (login required)

View Item View Item