DIRECTIVE SPEECH ACT USED BY ENGLISH TEACHERS IN MADRASAH SUMATERA THAWALIB PARABEK

Astri, Shabrina (2020) DIRECTIVE SPEECH ACT USED BY ENGLISH TEACHERS IN MADRASAH SUMATERA THAWALIB PARABEK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Astri Shabrina-1610731024-Thesis on Linguistics.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe dan fungsi tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan peserta didik di Pondok Pesantren Madrasah Sumatera Thawalib Parabek. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode observasi yang didukung oleh teknik rekam dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan pragmatik. Teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Kreidler (1998) digunakan untuk mengidentifikasi tipe tuturan-tuturan direktif yang digunakan oleh guru di dalam kelas. Teori yang dirumuskan oleh Bach dan Harnish (1979) juga digunakan untuk mendeskripsikan fungsi dari tuturan-tururan tersebut. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif dan tabel. Dari penelitian ini ditemukan 81 tuturan direktif yang digunakan oleh guru kepada peserta didik. Tipe tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru yaitu perintah, permintaan dan saran. Tipe tindak tutur direktif yang paling dominan ditemukan adalah tipe tindak tutur perintah dengan persentase 69, 14 %. Selanjutnya, fungsi tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru berupa fungsi permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan nasihat. Fungsi perintah merupakan fungsi tindak tutur yang paling dominan digunakan oleh guru dengan persantase 59,26 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: tindak tutur direktif, tipe tindak tutur direktif, fungsi tindak tutur direktif, guru.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 08 Sep 2020 07:29
Last Modified: 08 Sep 2020 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61035

Actions (login required)

View Item View Item