FAKTOR RISIKO INFEKSI HIV/AIDS PADA PASIEN DI RUANGAN POLI VOLUNTARY COUNSELING TEST (VCT) RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020

Noveri, Yansyah (2020) FAKTOR RISIKO INFEKSI HIV/AIDS PADA PASIEN DI RUANGAN POLI VOLUNTARY COUNSELING TEST (VCT) RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB penutup.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full taxt)
SKRIPSI full taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

HIV/AIDS merupakan penyakit yang mengalami peningkatan jumlah dari setiap tahunnya . Di Kota Padang tahun 2017 ditemukan kasus HIV sebanyak 370 kasus , jumlah ini meningkat menjadi 447 kasus pada tahun 2018, penderita paling banyak di dominasi usia muda atau usia produktif. Banyak faktor yang menyebabkan kejadian infeksi HIV/AIDS, antara lain adalah perilaku seks bebas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi faktor faktor yang berhubungan dengan risiko infeksi HIV/AIDS pada pasien di ruangan Poli Voluntary Counseling Test (VCT) RSUP Dr. .M.Djamil Padang tahun 2020. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian sebanyak 63 orang dengan teknik purposive sampling. Uji yang dipakai adalah Chi Square dengan tingkat kemaknaan 0.05. Data diperoleh peneliti dari pengisian kuesioner yang diisi oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian infeksi HIV yaitu teman sebaya dengan nilai p-value 0.026 , perilaku seks berisiko dengan nilai p-value 0.008, IDU dengan nilai p-value 0.007, pemakaian tato dengan nilai p-value 0.009 dan donor darah dengan nilai p-value 0.006. Sedangkan faktor yang tidak berhubungan adalah status pekerjaan dengan nilai p-value 0.531, status perkawinan dengan nilai p-value 0.215 dan faktor dominan yang berperan terhadap kejadian infeksi HIV/AIDS adalah Pengaruh teman sebaya. Diharapkan kepada tenaga kesehatan terutama di ruang Poli VCT untuk memberikan penyuluhan mengenai faktor risiko kejadian infeksi HIV terutama tentang pengaruh teman sebaya dan perilaku seks bebas. Kata Kunci : HIV/AIDS, faktor risiko, Pekerjaan, Status Perkawinan, Teman Sebaya, Perilaku Seks Berisiko. Daftar Pustaka : 44 (1995-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini. MN.PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:50
Last Modified: 04 Sep 2020 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60977

Actions (login required)

View Item View Item