EVALUASI DUA PULUH KONFIGURASI STRUKTUR RANTAI KINEMATIK MEKANISME PARALEL TIGA DERAJAT KEBEBASAN TRANSLASI MURNI BERBASIS JUMLAH KONSTANTA KINEMATIK DAN KOMPONEN MEKANIK

Zularifin, Aris (2020) EVALUASI DUA PULUH KONFIGURASI STRUKTUR RANTAI KINEMATIK MEKANISME PARALEL TIGA DERAJAT KEBEBASAN TRANSLASI MURNI BERBASIS JUMLAH KONSTANTA KINEMATIK DAN KOMPONEN MEKANIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini dibahas konfigurasi struktur rantai kinematik mekanisme paralel tiga derajat kebebasan translasi murni berbasis jumlah konstanta kinematik dan komponen mekanik. Analisis gerak translasi dilakukan dengan dua cara yaitu simulasi dan teoritik. Untuk menganalisis gerak translasi secara simulasi dilakukan dengan menggunakan software CAD yaitu Autodesk Inventor, sedangkan untuk analisis secara teoritik menggunakan software olah data yaitu Microsoft Excel dengan landasan perhitungan berdasarkan teori screw. Analisis gerak translasi ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan desain CAD untuk dua puluh jenis konfigurasi rantai kinematik menggunakan sambungan revolute dan prismatik yang disertai jumlah konstanta kinematik yang harus diberikan untuk menghasilkan gerak translasi murni. Evaluasi yang dilakukan dengan membuat tahapan penelitian yaitu berupa pembuatan part mekanisme seperti base, link, dan platform serta dilanjutkan dengan proses assembly dari masing-masing part. Selanjutnya simulasi respon kinematik berupa perpindahan posisi platform dengan orientasi yang tidak berubah dilakukan dengan melakukan simulasi CAD. Tahapan berikutnya adalah evaluasi secara teoritik berdasarkan teori screw untuk mendapatkan arah constraint gerak. Berdasarkan hasil dari simulasi yaitu perpindahan posisi platform dari dua puluh konfigurasi struktur rantai kinematik tidak mengalami kemiringan sehingga orientasi gerak platform tidak mengalami perubahan, disamping itu juga diperoleh jumlah konstanta kinematik untuk masing-masing konfigurasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Syamsul Huda
Uncontrolled Keywords: kinematik, mekanisme translasi, rantai kinematik, constraint gerak
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:38
Last Modified: 03 Sep 2020 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60904

Actions (login required)

View Item View Item