Pengaruh Penggunaan Jenis Starter Dan Lama Penyimpanan Yang Berbeda Terhadapa Total Plate Count, Total Bakteri Asam Laktat Dan Total Khamir Kefir Susu Sapi

Exsal, Guswandi (2020) Pengaruh Penggunaan Jenis Starter Dan Lama Penyimpanan Yang Berbeda Terhadapa Total Plate Count, Total Bakteri Asam Laktat Dan Total Khamir Kefir Susu Sapi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
SKRIPSI EXSAL GUSWANDI_cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
SKRIPSI EXSAL GUSWANDI_bab i.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
SKRIPSI EXSAL GUSWANDI_bab akhir.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI EXSAL GUSWANDI_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
SKRIPSI EXSAL GUSWANDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi penggunaan jenis starter dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap total plate count, total bakteri asam laktat dan total khamir kefir susu sapi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (jenis starter) terdiri dari 2 taraf (kefir starter dan kefir grain) dan faktor B (lama penyimpanan) terdiri dari 4 taraf (0 hari, 5 hari, 10 hari dan 15 hari). Peubah yang diamati adalah total plate count, total bakteri asam laktat dan total khamir kefir susu sapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara jenis starter dan lama penyimpanan terhadap total plate count, total bakteri asam laktat dan total khamir kefir susu sapi, namun faktor lama penyimpanan berpengaruh terhadap total plate count, total bakteri asam laktat dan total khamir. Rataan total plate count kefir susu sapi pada penyimpanan 15 hari dengan penggunaan starter yaitu 5.93 Log CFU/ml dan 5.89 Log CFU/ml pada penggunaan kefir grain, rataan total bakteri asam laktat pada penggunaan starter yaitu 10.04 Log CFU/ml dan 10.18 Log CFU/ml pada penggunaan kefir grain, rataan total khamir pada penggunaan starter yaitu 9.52 dan 9.79 Log CFU/ml. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kefir susu sapi dengan penggunaan starter dan grain hingga penyimpanan 15 hari masih memenuhi standar keamanan pangan ditinjau dari total plate count, total bakteri asam laktat, dan total khamir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Afriani Sandra, S.Pt, M.Sc
Uncontrolled Keywords: kefir susu sapi, total plate count, bakteri asam laktat, khamir
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:52
Last Modified: 02 Sep 2020 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60843

Actions (login required)

View Item View Item