Pengaruh Parental Career-Related Behavior terhadap Efikasi Diri Dalam Membuat Keputusan Karir Siswa SMK

Febby, Ananda (2020) Pengaruh Parental Career-Related Behavior terhadap Efikasi Diri Dalam Membuat Keputusan Karir Siswa SMK. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB-1-pendahuluan.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V - penutup.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pekerjaan atau karir merupakan komponen penting dalam kehidupan individu yang harus dipersiapkan sejak masa remaja, terkhususnya dijenjang sekolah menengah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan adalah institusi pendidikan yang bertujuan secara khusus untuk mepersiapkan siswanya untuk siap terjun ke lapangan perkerjaan. Namun pada kenyataannya, ditemukan data dari Badan Pusat Statistik Sumatra Barat di tahun 2018 pada Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) bahwa lulusan SMK menyumbang angka tertinggi untuk tingkat pengangguran. Didapatkan juga data awal bahwa remaja dalam hal ini dikhususkan kepada siswa SMK, mengalami keragu-raguan dalam menentukan pilihan karirnya. Hal ini menunjukan pentingnya Efikasi Diri Dalam Membuat Keputusan Karir. Orang tua merupakan salah satu faktor lingkungan penting untuk mengembangkan keyakinan bahwa dirinya mampu melakukan berbagai keputusan karir. Parental Career-Related Behavior dipilih menjadi salah satu faktor yang diasumsikan berpengaruh terhadap keyakinan siswa dalam keputusan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Parental Career-Related Behavior pada ayah dan ibu terhadap Efikasi Diri Dalam Membuat Keputusan Karir siswa SMK. Data didapatkan dari 261 siswa SMKN 9 Padang menggunakan skala CDMSE-SF dan skala PCB. Hasil penelitian yang dianalisa menggunakan uji regresi berganda menunjukan nilai signifikansi 0.00 (p< 0.05). Selanjutnya nilai kontribusi Parental Career-Related Behavior memiliki pengaruh terhadap Efikasi Diri Dalam Membuat Keputusan Karir sebesar 55,4%, dimana kontribusi Parental Career-Related Behavior pada ibu sebesar 30,99% dan Parental Career-Related Behavior pada ayah 24,46%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitria Rahmi M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Karir Remaja, Efikasi Diri dalam Membuat Keputsan Karir, Parental Career-Related Behavior
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:17
Last Modified: 10 Sep 2020 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60782

Actions (login required)

View Item View Item