ANALISIS DAMPAK REMUNERASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (PERSEPSI DOKTER SPESIALIS DI INSTALASI KEBIDANAN DAN ANAK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG)

Hartati, Hartati (2019) ANALISIS DAMPAK REMUNERASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (PERSEPSI DOKTER SPESIALIS DI INSTALASI KEBIDANAN DAN ANAK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER & Abstrak.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB AKHIR (PENUTUP-KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
FULL TESIS Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Analisis Dampak Remunerasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dokter Spesialis Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Persepsi Dokter Spesialis di Instalasi Kebidanan dan Anak RSUP Dr.M.Djamil Padang) Latar Belakang : Kinerja Dokter spesialis merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya Rumah Sakit untuk mencapai tujuan Organisasi karena dokter spesialis merupakan garda terdepan dalam pelayanan pada pasien di Rumah sakit sehingga perlu diketahui faktor -faktor yang mempengaruhinya seperti variabel remunerasi, lingkungan kerja, motivasi kerja Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran dampak/ pengaruh system remunerasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja dan motivasi kerja sebagai variabel intervening atau mediasi di instalasi kebidanan dan anak RSUP Dr.M.Djamil Padang. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat explanatori research. Pengambilan Sampel secara Sensus, yakni sebanyak 36 orang dokter spesialis kebidanan dan anak. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). PLS adalah model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara remunerasi dan terhadap kinerja T statistics sebesar 0,549 (lebih kecil dari 1,96) dan p value 0,002 (lebih besar dari 0,05) sehingga Hipotesis ditolak. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja dan kinerja T statistics lebih kecil dari Ttable dan pvalue lebih besar dari alpha sehingga hipotesis ditolak. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja karena hipotesis ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara remunerasi dan motivasi kerja sebanyak 2,8%. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap motivasi kerja karena hipotesis ditolak. Sedangkan remunerasi terhadap kinerja yang dimediasi oleh motivasi kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Dan lingkungan kerja terhadap kinerja yang dimediasi oleh motivasi kerja juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Kesimpulan: Tidak adanya hubungan yang signifikan antara variabel remunerasi, lingkungan kerja terhadap kinerja, namun variabel motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja. Hal ini berarti beberapa variabel bukan merupakan factor penentu dalam meningkatkan kinerja dokter spesialis. Kata kunci: Sistem Remunerasi, Lingkungan Kerja, Motivasi, Kinerja Dokter Spesialis

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr.Rima Semiarty, MARS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:55
Last Modified: 02 Sep 2020 02:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60642

Actions (login required)

View Item View Item