Strategi Pengembangan Bisnis IKM Lassy Dairy Farm Menggunakan Metode Business Model Canvas

Siti, Disti Adzhani (2020) Strategi Pengembangan Bisnis IKM Lassy Dairy Farm Menggunakan Metode Business Model Canvas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan pola hidup sehat semakin meningkat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Tren hidup sehat ini terlihat dari banyaknya olahan makanana dan minuman dari susu sapi yang terdapat di restoran dan pasar modern. IKM Lassy Dairy Farm merupakan salah satu IKM yang memproduksi olahan susu sapi yang berlokasi di Jalan Lasi Tuo, Nagari Lasi, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jumlah permintaan yang cenderung meningkat dan keunggulan produk tanpa pengawet mendukung IKM Lassy Dairy Farm memiliki potensi untuk berkembang lebih luas, sehingga IKM ini perlu meningkatkan jumlah produksi, kualitas produk dan memperluas area pemasaran. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan strategi bisnis yang tepat agar IKM Lassy Dairy Farm dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis baru pada IKM Lassy Dairy Farm. Penelitian ini dimulai dengan pembuatan Business Model Canvas saat ini berdasarkan 9 elemen kunci Business Model Canvas. Selanjutnya melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan berdasarkan 9 elemen kunci Business Model Canvas yang dikombinasikan dengan analisis SWOT. Setelah dilakukan analisis SWOT, kemudian dilakukan tahap perumusan strategi yang terdiri dari tahap input (matriks IFE dan matriks EFE), tahap pencocokan (matriks SWOT dan matriks IE) dan yang terakhir yaitu tahap keputusan (QSPM). Pada tahap keputusan menggunakan teknik QSPM didapatkan strategi utama untuk pengembangan pada IKM Lassy Dairy Farm untuk kemudian digambarkan pada Business Model Canvas usulan. Hasil matriks IE menunjukkan bahwa posisi IKM Lassy Dairy Farm berada pada sel IV yang artinya IKM Lassy Dairy Farm dalam keadaan tumbh dan membangun. Strategi yang dapat dilakukan oleh IKM Lassy Dairy Farm berdasarkan hasil matriks SWOT yaitu strategi intensif, strategi integrasi, dan strategi diversifikasi. Setelah dilakukan pehitungan QSPM, didapatkan bahwa strategi utama yang dapat dijalankan oleh IKM Lassy Dairy Farm yaitu strategi intensif dengan total skor daya tarik sebesar 7,272. Strategi intensif ini digambarkan dalam model bisnis baru pda Business Model Canvas usulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan., MSIE.
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas, Matriks IE, Matriks SWOT, Olahan susu sapi, QSPM
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:00
Last Modified: 24 Aug 2020 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60391

Actions (login required)

View Item View Item