HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA PASIEN KANKER SERVIKS DI POLIKLINIK KEBIDANAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Aghna, Farra Hamdalla (2020) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA PASIEN KANKER SERVIKS DI POLIKLINIK KEBIDANAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK_+_COVER[1].pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB_I_PENDAHULUAN[1].pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB_VII_PENUTUP[1].pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_FULL_TEXT[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Angka kejadian depresi pada pasien kanker serviks tergolong tinggi. Lebih dari separuh pasien kanker serviks mengalami depresi. Salah satu faktor yang berhubungan dengan terjadinya depresi adalah dukungan sosial. Dukungan sosial membantu individu dalam menyesuaikan diri terhadap masalah yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan kejadian depresi pada pasien kanker serviks di Poliklinik Kebidanan RSUP Dr. M. djamil Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambil sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik analisa data menggunakan chi square dengan tingkat kemaknaan p value = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan sosial dengan kejadian depresi pada pasien kanker serviks, dimana p value = 0,019. Pada pasien kanker serviks dengan dukungan sosial yang tinggi lebih dari separuh (68,7%) tidak mengalami depresi, sedangkan pada pasien dengan dukungan sosial rendah sebagian besar (71,4%) mengalami depresi. Diharapkan kepada perawat di poliklinik kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang agar dapat melakukan psikoedukasi kepada keluarga untuk meningkatkan dukungan sosial pada pasien kanker serviks sehingga pasien lebih semangat untuk menjalani pengobatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M. Kep
Uncontrolled Keywords: kanker serviks, depresi, dukungan sosial
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Aug 2020 08:02
Last Modified: 28 Aug 2020 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60375

Actions (login required)

View Item View Item