EFEKTIVITAS ENDORPHINE MASSAGE DAN KOMPRES HANGAT TERHADAP NYERI DISMENOREPADA MAHASISWI TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

MAHARANI, MAHARANI (2020) EFEKTIVITAS ENDORPHINE MASSAGE DAN KOMPRES HANGAT TERHADAP NYERI DISMENOREPADA MAHASISWI TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prevalensi dismenore mencapai 50% wanita usia produktif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia diperkirakan sekitar 55% dan di Sumatera Barat mencapai 57,3%. Dismenore merupakan nyeri haid yang terjadi pada perempuan saat mengalami menstruasi, yang ditandai dengan mengalami rasa sakit di perut bawah sebelum dan selama haid dan sering merasa mual. Endorphine massage dan kompres hangat merupakan salah satu tindakan yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dismenore. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas endorphine massage dan kompres hangat terhadap nyeri dismenore. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, dengan pendekatan One Group Pretest Posttest. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Andalas yang berjumlah 34 orang yang dipilih menggunakan teknik Non Probability Sampling yaitu Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner lembar pengukuran nyeri Numeric Rating Scale. Data yang didapat diolah menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian uji Wilcoxon didapatkan hasil bahwa rata-rata intensitas nyeri dismenore sebelum endorphine massage adalah 5,24 dan setelah endorphine massage adalah 2,53. Rata-rata intensitas nyeri dismenore sebelum kompres hangat 5,12 dan setelah kompres hangat 2,47. Terdapat pengaruh endorphine massage dan kompres hangat terhadap nyeri dismenore pada mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Andalas dengan nilai p=0,000. Hasil penelitian uji MannWhitney didapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara endorphinemassage dan kompres hangat terhadap nyeri dismenore mahasiswi tingkat akhir Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Andalas dengan nilai nilai p 0,735. Dapat disimpulkan bahwa endorphine massage dan kompres hangat efektif terhadap nyeri dismenore, maka diharapkan pada mahasiswa yang mengalami nyeri dismenore agar dapat menangani dengan pengobatan nonfarmakologis seperti endorphine massage dan kompres hangat, sehingga mengurangi penggunaan pengobatan farmakologis yang memiliki efek samping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Lili Fajria, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Dismenore, Endorphine Massage, Kompres Hangat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Aug 2020 08:05
Last Modified: 19 Aug 2020 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60283

Actions (login required)

View Item View Item