FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA PADA BAYI YANG DIRAWAT DI RUANG NICU RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020

Masri, Rahayu Putri (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA PADA BAYI YANG DIRAWAT DI RUANG NICU RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
KARYA ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Angka kematian neonatal yang tinggi erat kaitannya dengan kondisi kesehatan bayi dalam 30 hari pertama kehidupannya. Bayi-bayi yang mengalami kondisi yang membutuhkan perawatan intensif seperti BBLR, SGN, ikterik, jantung kongenital dan lainnya dirawat di ruang perawatan intensif khusus bayi yang disebut NICU. Kondisi ini menyebabkan kecemasan bagi orang tua yang dapat mempengaruhi orang tua dalam mengambil keputusan terhadap penanganan dan tindakan pada bayi. Kecemasan yang dirasakan orang tua dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu karakteristik orang tua (umur, jenis kelamin, pendidikan dan pkerjaan), pengetahuan, dukungan perawat dan dukungan anggota keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan orang tua pada bayi yang dirawat di ruang NICU RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 46 orang. Analisis data menggunakan chi- square, dengan p ≤ 0,05. Hasil uji chi-square menunjukkan variable yang berhubungan dengan kecemasan orang tua pada bayi yang dirawat di NICU adalah umur (p = 1,000), jenis kelamin (p = 0,015), pendidikan (p = 0,003), pekerjaan (p = 0,017), pengetahuan (p = 0,000), dukungan perawat (p = 0,001), dan dukungan anggota keluarga (p = 0,001). Kesimpulan menunjukkan bahwa semua faktor berhubungan dengan kecemasan orang tua ada bayi yang dirawat di NICU kecuali faktor umur yang tidak berhubungan dengan kecemasan orang tua. Selanjutnya diharapkan kepada perawat dapat memberikan dukungan perawat yang maksimal kepada orang tua bayi berupa dukungan informasi, emosional, penghargaan, instrumental dan konseling terorganisir kepada orang tua selama bayi dirawat, sehingga dapat mengurangi kecemasan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: bayi, kecemasan, orang tua, perawatan intensif neonatus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Aug 2020 08:28
Last Modified: 19 Aug 2020 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60268

Actions (login required)

View Item View Item