PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PROMOSI KESEHATAN LEAFLET DENGAN VIDEO TOSS TB TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS

Karynina, Danti Putri (2020) PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PROMOSI KESEHATAN LEAFLET DENGAN VIDEO TOSS TB TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Promosi kesehatan merupakan suatu proses memandirikan masyarakat untuk merubah perilaku kesehatannya. Leaflet dan video dipilih sebagai media promosi kesehatan karena memiliki nilai praktis dalam penyaluran informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas media promosi kesehatan leaflet dengan video TOSS TB terhadap tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan desain penelitian non-equivalen control group design. Terdiri dari tiga kelompok penelitian, yaitu kelompok leaflet, video, dan kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 144. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Mann Whitney serta uji Kruskal Wallis untuk analisis bivariat dengan kemaknaan statistik ditentukan bila nilai p < 0,05. Hasil analisis univariat menunjukkan masyarakat sebelum diberi intervensi memiliki tingkat pengetahuan baik dan sikap positif sebesar 85,42% dan 68,75%. Setelah diberikan intervensi menjadi 92,36% dan 74,30%. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat perubahan signifikan sebelum dengan sesudah diberikan intervensi. Hasil perubahan rata-rata pengetahuan pada kelompok leaflet, video, dan kontrol adalah 0,588, 0,710, 0,114, dengan p value = 0,000. Serta pada sikap adalah 0,289, 0,477, 0,102, dengan p value = 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah media leaflet dan video berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap TOSS TB masyarakat dimana media video merupakan media yang paling efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rima Semiarty, MARS
Uncontrolled Keywords: Promosi Kesehatan, Leaflet, Video, Pengetahuan, Sikap, TOSS TB
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:20
Last Modified: 14 Aug 2020 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60161

Actions (login required)

View Item View Item