PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG (PGS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 08 KINARI KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK TAHUN 2015

FEBRIANI, SOFYAN LUBIS (2016) PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG (PGS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 08 KINARI KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK TAHUN 2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.Febriani s lubis-1110332047.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB1.febriani s lubis-1110332047.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB 6.febriani s lubis-1110332047.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.febriani slubis-1110332047.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
febriani 1110332047 skripsi fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak Usia Sekolah (AUS) merupakan kelompok yang perlu mendapat perhatian, karena kelompok usia ini merupakan investasi sumber daya dan tenaga kerja sehingga pembinaannya perlu dimulai sedini mungkin.Pembinaan dalam bentuk pendidikan gizi menjadi sangat penting sebagai upaya peningkatan pengetahuan gizi anak didik maupun orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi dengan menggunakan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan tentang pesan gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain quasy-experiment yang dilaksanakan pada bulan November 2015-Januari 2016.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60siswa dengan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi.Uji statistik yang digunakan adalah Uji Paired t-test dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya rata-rata skor pengetahuan yang lebih tinggi saat pre-test dan post-test pada kelompok media permainan ular tangga, (p = 0.000). selain itu terdapat rata-rata skor pengetahuan yang lebih tinggi pada kelompok media permainan ular tangga dibandingkan dengan kelompok ceramah, (p = 0.003) dan kelompok media permainan ular tangga dibandingkan dengan kelompok kontrol, (p = 0.000).Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kelompok media permainan ular tangga pada saat pre-test dan post-test, selain itu juga terdapat perbedaan signifikan skor pengetahuan gizi seimbang dibandingkan dengan kelompok ceramah dan kelompok kontrol. Hal ini berarti ada pengaruh edukasi gizi dengan media ular tangga terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Ular tangga Gizi, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 02 May 2016 07:15
Last Modified: 02 May 2016 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5993

Actions (login required)

View Item View Item