Reformasi Birokrasi pada Pelayanan Publik di Kepolisian (Analisis Komparatif Kepolisian Resor Solok Kota dengan Kepolisian Resor Solok)

bobi, rizki Ananda (2020) Reformasi Birokrasi pada Pelayanan Publik di Kepolisian (Analisis Komparatif Kepolisian Resor Solok Kota dengan Kepolisian Resor Solok). Masters thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrack 2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
Bab1.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab penutup)
BabVI.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img] Text (full text)
GabungWatermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai bentuk evaluasi pemerintah dalam penyelenggaraan kualitas pelayanan publik, Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Republik Indonesia (KEPMENPAN RB) No 10 Tahun 2019 Tentang Penetapan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada Kementerian dan Lembaga Sebagai Lokasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2019, disebutkan ada 54 instansi pada kementerian dan lembaga yang menjadi penyelenggara evaluasi pelayanan publik Tahun 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Provinsi Sumatera menjadi salah satu lembaga evaluasi pelayanan publik, disebutkan ada tujuh Polres/Polresta sebagai tempat evaluasi pelayanan publik di Sumatera Barat, dari tujuh Polres yang ada di Sumatera Barat, Polres Solok Kota berhasil menjadi polres satu-satunya yang mendapat penghargaan pelayanan publik paling baik di Sumatera Barat Tahun 2018. Penelitian bertujuan untuk melihat apakah dimensi reformasi birokrasi pada pelayanan publik di Polres Solok Kota bisa digunakan dan ditransfer pada Polres Solok. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teori yang peneliti gunakan adalah teori Sedarmayanti dengan mengacu kepada 5 variabel yaitu, kelembagaan, ketatalaksanaan, sumber daya manusia, akuntabilitas, dan pelayanan umum. Data yang peneliti gunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polres Solok Kota sudah berhasil dalam melakukan reformasi sesuai dengan arah kebijakan kepolisian mulai dari Tahun 2004-2025. Keberhasilan tersebut diwujudkan kedalam penghargaan terbesar yang di terima oleh Polres Solok Kota sebagai satu-satunya instansi di Sumatera Barat yang mendapat prediket tertinggi yang diberikan oleh Kemempan RB Tahun 2019. Sedangkan pada Polres Solok reformasi birokrasi belum sepenuhnya dilakukan, hal tersebut dikarenakan banyaknya faktor penghambat sehingga belum bisa mentransfer keberhasilan Polres Solok Kota dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas, walaupun keberadaan kedua Polres tersebut sangat dekat. Kata Kunci: Pelayanan publik, reformasi birokrasi di kepolisian

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera S.IP, M.PA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 administrasi publik
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:14
Last Modified: 30 Jul 2020 03:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59874

Actions (login required)

View Item View Item