Evaluasi Ketersediaan dan Kesetaraan Paket Manfaat Layanan Jantung Sesuai Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Padang Tahun 2019

Mutiara, Indah Sari A (2020) Evaluasi Ketersediaan dan Kesetaraan Paket Manfaat Layanan Jantung Sesuai Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional sudah dilaksanakan selama lima tahun perlu dievaluasi untuk mengetahui capaian sasaran sesuai dengan peta jalan JKN Tahun 2012-2019. Sasaran ketiga peta jalan menargetkan bahwa tahun 2019, paket manfaat medis dan non medis (kelas perawatan) sudah sama, tidak ada perbedaan, untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketersediaan dan kesetaraan paket manfaat layanan jantung sesuai peta jalan jaminan kesehatan nasional di Kota Padang Tahun 2019. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif (mix methods) dengan pendekatan realist evaluation. Data kuantitatif menggunakan data sekunder yang bersumber dari BPJS Kesehatan Cabang Padang terkait kunjungan dan dana klaim layanan jantung. Sedangkan, data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap 9 orang informan yang dipilih melalui purposive sampling yaitu BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Padang. Hasil Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa ketersediaan layanan kateterisasi jantung dan dokter SpJP sudah mencapai standar ideal, kunjungan jantung dan total dana klaim jantung tertinggi pada kelompok PBPU dengan angka kunjungan (30,77%) dan total klaim (31,21%). Kunjungan jantung tertinggi terdapat di rumah sakit tipe C (53,89%) dan tipe A (45,61%). Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa ketersediaan dan kesetaraan layanan jantung sudah memadai dengan layanan jantung di FKRTL yang sudah sama bagi semua peserta JKN walaupun paling banyak dimanfaatkan oleh PBPU dan layanan jantung di FKTP sudah memiliki prosedur rujukan dan implementasi sistem deteksi dini jantung yang secara umum sudah baik. Kesimpulan Pelaksanaan kebijakan JKN terkait paket manfaat layanan jantung di Kota Padang sudah berjalan baik dengan ketersediaan layanan dan dokter jantung sudah memadai dan utilisasi jantung paling banyak dimanfaatkan oleh PBPU namun semua peserta JKN dapat mengakses layanan dengan mudah. Dengan demikian, paket manfaat layanan jantung sudah sama dan tidak ada perbedaan untuk peserta JKN. Daftar Pustaka : 32 (1980-2020) Kata Kunci : Peta Jalan JKN, Realist Evaluation, Konfigurasi CMO, Layanan Jantung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ch. Tuty Ernawati, SKM, M.Kes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:49
Last Modified: 28 Jul 2020 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59814

Actions (login required)

View Item View Item