EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE HOT-FIT DI RSUD dr. RASIDIN KOTA PADANG TAHUN 2020

Annisa, Latifa Utari (2020) EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE HOT-FIT DI RSUD dr. RASIDIN KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 Pedahuluan.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full Annisa Latifa Utari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian RSUD dr. Rasidin Kota Padang telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sejak September 2018 namun belum berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) menggunakan metode HOT-Fit di RSUD dr. Rasidin Kota Padang. Metode Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif-kualitatif (mix method) yaitu sequential explanatory. Didahului dengan penelitian kuantitatif dengan 53 responden dan dilanjutkan dengan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada 6 orang informan. Penelitian ini menggunakan model evaluasi HOT-Fit. Hasil Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif-kualitatif, komponen manusia : pengguna sistem (50,9%) sudah baik karena sistem diterima dengan baik oleh petugas dan kepuasan pengguna (54,7%) belum puas karena tidak seluruh pengguna memiliki latar belakang yang sesuai dengan sistem. Komponen organisasi : struktur organisasi (56,6%) menyatakan burukkarena perencanaan sistem belum maksimal dan lingkungan organisasi (50,9%) sudah baik karena adanya dukungan dari top management. Komponen teknologi : kualitas sistem (52,8%) buruk karena sistem membutuhkan pembaharuan, kualitas informasi (54,7%) baik karena data yang dihasilkan relavan, dan kualitas layanan (56,6%) sudah baik karena sistem memberikan layanan yang baik kepada pengguna. Komponen manfaat bersih (54,7%) sudah membantu meningkatkan efisiensi dan efektifitas petugas dalam bekerja. Kesimpulan Penerapan SIMRS di RSUD dr. Rasidin Kota Padang sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa masalah. Disarankan kepada RSUD dr. Rasidin Kota Padang untuk segera meminimalisir permasalahan yang terjadi agar lebih meningkatkan kualitas sistem informasi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:19
Last Modified: 28 Jul 2020 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59779

Actions (login required)

View Item View Item