EVALUASI PENERAPAN KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA PADANG TAHUN 2019

Annisa, Fitri (2020) EVALUASI PENERAPAN KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di FKTP, BPJS Kesehatan menerapkan pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Kota Padang Tahun 2019. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix-methode) dengan pendekatan realist evaluation. Data kuantitatif menggunakan data sekunder yang bersumber dari BPJS Kesehatan Cabang Padang. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam (indept interview) dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Maret 2020. Penentuan informan dengan cara purposive sampling. Informan penelitian sebanyak 8 orang. Analisa data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan pencapaian indikator KBPKP rata-rata telah mencapai target walaupun masih ada 2 atau 3 puskesmas setiap bulannya memasuki zona tidak aman. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan pencapaian indikator KBPKP dipengaruhi oleh input yang tersedia yaitu SDM Kesehatan, Anggaran, Metode, dan Sarana Prasarana telah mencukupi di Puskesmas Kota Padang. Hambatan dalam pencapaian indikator angka kontak yaitu pencatatan dan pelaporan untuk kunjungan sehat, indikator rujukan non spesialistik dipengaruhi oleh perilaku pasien yang ingin dirujuk, sedangkan indikator prolanis rutin berkunjung dipengaruhi oleh pemantauan rutin petugas terhadap peserta prolanis. Kesimpulan Puskesmas di Kota Padang mampu mencapai indikator kebijakan Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dilihat dari kepuasan peserta yang telah mencapai target diatas 85%. Daftar Pustaka : 44 (2004-2019) Kata Kunci : Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ch. Tuty Ernawati, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Jul 2020 08:26
Last Modified: 21 Jul 2020 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59557

Actions (login required)

View Item View Item