Asuhan keperawatan pada An. R dengan kesiapan peningkatan perkembangan isia toddler dan manajemen keperawatan kesehatan jiwa : sosialisasi kesehatan jiwa di rw v kelurahan jati kota padang

Rima, Anggreni (2020) Asuhan keperawatan pada An. R dengan kesiapan peningkatan perkembangan isia toddler dan manajemen keperawatan kesehatan jiwa : sosialisasi kesehatan jiwa di rw v kelurahan jati kota padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak fix.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 rima - watermark.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus watermark.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KARYA ILMIAH AKHIR RIMA FIX PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

Usia toddler merupakan masa emas perkembangan seorang anak, sehingga penyimpangan sekecil apapun apabila tidak terdeteksi dan ditangani dengan baik, akan mengurangi kualitas sumber daya manusia pada kemudian hari dan akan mengakibatkan hambatan dalam perkembangan pada usia selanjutnya. Penyimpangan tersebut banyak terjadi karena kurangnya stimulasi tumbuh kembang yang dilakukan oleh orang tua khususnya ibu. Dalam memberikan stimulus kepada anak dilakukan melalui metode pendekatan keperawatan Community Mental Health Nursing (CMHN). Terdapat beberapa pilar CMHN, salah satunya adalah manajemen layanan sosialisasi kesehatan jiwa. Tujuan dari karya ilmiah adalah untuk memberikan asuhan keperawatan kepada klien dengan usia toddler dan menerapkan manajemen pelayanan di RW 05 Kelurahan Jati kota Padang. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 24 Februari – 7 Maret 2020 . Metode yang digunakan adalah studi kasus dimulai dari tanggal 24 Februari sampai dengan 7 Maret 2020 , sedangkan pelaksanaan manajemen pelayanan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2020. Hasil yang didapatkan dari studi kasus adalah adanya peningkatan perkembangan anak dari beberapa aspek. Sedangkan pada manajemen pelayanan di dapatkan adanya perubahan pengetahuan setelah di berikan sosialisasi kesehatan jiwa dengan nilai p=0.00. Disarankan kepada perawat kesehatan jiwa di puskesmas agar dapat mencegah terjadinya gangguan jiwa dengan mengoptimalkan stimulasi tumbuh kembang dari usia dini dan mengoptimalkan pelayanan posyandu kesehatan jiwa dan pembentukan kader. Kata Kunci : Toddler, Sosialisasi, Pelayanan Daftar Pustaka : 40 (2002-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Toddler, Sosialisasi, Pelayanan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jul 2020 07:10
Last Modified: 21 Jul 2020 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59552

Actions (login required)

View Item View Item