ASUHAN KEPERAWATAN An.P DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM : PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KELURAHAN JATI KOTA PADANG

FANNY, NOVRIWINDA (2020) ASUHAN KEPERAWATAN An.P DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM : PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KELURAHAN JATI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (KIA full)
KIA full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masa remaja ditandai dengan adanya kecenderungan identity-identity confusion. Sehingga peningkatan kasus dengan permasalahan remaja meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang remaja dan melaksanakan layanan kemitraan lintas sektor dan lintas program: penyuluhan kesehatan reproduksi remaja di Kelurahan Jati Kota Padang. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 10 Februari sampai 6 Maret 2020 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2020. Asuhan keperawatan yang dilakukan telah memberikan dampak positif bagi An.P yaitu terjadinya peningkatan perkembangan serta penambahan pengetahuan bagi remaja dan keluarga tentang stimulasi perkembangan remaja. Pada pelaksanaan manajemen layanan didapatkan hasil pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan kesehatan pada remaja yaitu 8,38 dan setelah diberikan penyuluhan kesehatan menjadi 13,25. Terjadi peningkatan sebesar 4,87. Kemudian pada sikap sebelum yaitu 28,88 dan setelah diberikan penyuluhan kesehatan menjadi 34,94. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6,06. Dengan uji Paired sample T-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dengan nilai (p=0.000) dan adanya perbedaan yang signifikan antara sikap remaja tentang kesehatan reproduksi dengan nilai (p=0.000) Disarankan kepada orangtua untuk lebih meningkatkan stimulasi pada aspek psikososial remaja dengan memberikan apresiasi kepada remaja sebagai upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri remaja, saran bagi kader jiwa selalu berkoordinasi dengan perawat CMHN dalam pemantauan kondisi kesehatan masyarakat terutama pada masalah kesehatan reproduksi remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep, Sp.KepJ
Uncontrolled Keywords: CMHN, Remaja, Kesehatan Reproduksi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:07
Last Modified: 20 Jul 2020 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59500

Actions (login required)

View Item View Item