ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN SPONDYLITIS TB POST STABILISASI DEKOMPRESI DENGAN APLIKASI MASSAGE ABDOMEN DI RUANG TRAUMA CENTER RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

Rini, Safitri (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN SPONDYLITIS TB POST STABILISASI DEKOMPRESI DENGAN APLIKASI MASSAGE ABDOMEN DI RUANG TRAUMA CENTER RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img] Text (full text)
KARYA ILMIAH AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Spondilitis TB merupakan infeksi tulang belakang yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. Untuk penatalaksanaannya dapat dilakukan dengan prosedur pembedahan Stabilisasi Dekompresi. Pada pasien post operasi yang sering dikeluhkan pasien adalah nyeri sehingga pasien imobilisasi lama yang menyebabkan penurunan peristaltic usus sebagai pemicu terjadinya konstipasi.Untuk mengatasi konstipasi dapat dilakukan dengan pemberian terapi massage abdomen. Terapi massage abdomen merupakan salah satu upaya untuk menurunkan hiperaktifitas saraf vagus yang berfungsi meningkatkan peristaltic usus sehingga menstimulus dan membantu pengeluaran feses. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien spondilytis TB post stabilisasi dekompresi serta penerapan Evidence Based Nursing terapi massage abdomen. Massage abdomen ada 8 langkah gerakan yang diberikan dua kali dalam sehari pada pagi dan siang hari selama 15 menit menggunakan minyak kayu putih pilihan pasien. Metode penulisan ini adalah studi kasus asuhan keperawatan dan EBN terapi massage abdomen. Setelah dilakukan asuhan keperawatan kuesioner Penilaian GSRS didapatkan penurunan skor signifikan pada pasien intervensi dari skor 45 poin menjadi 27 poin, sedangkan pada pasien kontrol terjadi perbaikan yang lambat pada hari pertama didapatkan penilaian skor 60 poin dan menurun menjadi skor 57 poin. Berdasarkan penerapan Evidence Based Nursing yang dilakukan diharapkan pemberian terapi massage abdomen dapat dilakukan oleh perawat secara mandiri untuk mengurangi konstipasi post operasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Rika Fatmadona, M.Kep Sp.KMB
Uncontrolled Keywords: Spondylitis TB, Post Stabilisasi Dekompresi, Konstipasi, Massage Abdomen
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:30
Last Modified: 20 Jul 2020 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59474

Actions (login required)

View Item View Item