ANALISIS HUBUNGAN HAMBATAN KOMUNIKASI DENGAN HUBUNGAN TERAPEUTIK PERSPEKTIF PERAWAT DAN PASIEN DI RSKJ SOEPRAPTO BENGKULU TAHUN 2019

Anggana, Kastra Latip (2020) ANALISIS HUBUNGAN HAMBATAN KOMUNIKASI DENGAN HUBUNGAN TERAPEUTIK PERSPEKTIF PERAWAT DAN PASIEN DI RSKJ SOEPRAPTO BENGKULU TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hambatan hubungan terapeutik akan berpengaruh pada kualitas komunikasi terapeutik. Hambatan komunikasi dapat berasal dari aspek umum, perawat, pasien, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan hubungan terapeutik perspektif perawat dan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian kuantitatif, desain crosssectional. Jumlah sampel diambildengan jumlah 47 perawat dan 47 pasien. Hubungan terapeutik diukur dengan mengguanakan instrument Scale To Assess Therapeutic Relationships (STAR) dan hambatan komunikasi diukur dengan menggunakan alat ukur kuesioner hambatan komunikasi. Hasil uji mann Whitney didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan antara hambatan komunikasi dengan hubungan terapeutik perspektif perawat dengan nilai Pvalue = 0,136, r = 0,220. dan ada hubungan yang signifikan antara hambatan komunikasi dengan hubungan terapeutik perspektif pasien dengan nilai Pvalue = 0,127, r = -0,226. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara hambatan komunikasi dengan hubungan terapeutik antar perawat dan pasien P value 0,155, namun pada aspek lingkungan menunjukan adanya perbedaan yang signifikan dengan Pvalue 0,000. Rumah sakit hendaknya menciptakan suasana lingkungan yang nyaman bagi perawat dan pasien sehingga hubungan terapeutik dapat terjalin dengan baik. Kata kunci : hambatan komunikasi, hubungan terapeutik, perspektif perawat, perspektif pasien Daftar pustaka : 38 (2005-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:06
Last Modified: 10 Jul 2020 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59375

Actions (login required)

View Item View Item