PERANCANGAN MANUAL MUTU LABORATORIUM BERBASIS ISO/IEC 17025:2017 DI LABORATORIUM LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS

Deri, Kurniadi (2020) PERANCANGAN MANUAL MUTU LABORATORIUM BERBASIS ISO/IEC 17025:2017 DI LABORATORIUM LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and abstrak)
01. Cover Final - Abstrack.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
02. BAB I Final.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
03. BAB VI Final edit - Copy.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka Final edit - Copy.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
05.Tesis Fix Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam rangka memperoleh akreditasi laboratorium, Universitas Andalas telah melakukan berbagai usaha. Bekerjasama dengan PT. Sucofindo, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas telah melaksanakan tahap Pre Audit sebagai tahap evaluasi awal kesiapan laboratorium menuju penerapan Sistem Mutu Laboratorium berdasarkan standar SNI ISO/IEC 17025: 2008. Berdasarkan hasil Pre Audit tersebut, dapat disimpulkan bahwa seluruh laboratorium yang terlibat dalam proses Pre Audit dinyatakan belum siap untuk di akreditasi. Tidak terpenuhinya syarat dalam audit ini tentunya menjadi hambatan untuk memperoleh akreditasi. Salah satu persyaratan dokumen yang diperlukan untuk akreditasi laboratorium adalah dokumen manual mutu. Saat ini Universitas Andalas belum memiliki manual mutu laboratorium, maka perlu dirancang manual mutu laboratorium di Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang manual mutu laboratorium berbasis ISO/IEC 17025:2017 di Laboratorium Lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas. Metoda Plan, Do, Check, Action (PDCA) digunakan dalam perancangan manual mutu laboratorium. Pada tahapan plan dilakukan identifikasi ketercapaian persyaratan ISO/IEC 17025:2017. Pada tahapan Do dilakukan perancangan dan perbaikan manual mutu laboratorium. Tahap perancangan dilakukan karena terdapat persyaratan yang baru dan belum ada saat ini pada manual mutu Laboratorium Lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas sedangkan tahap perbaikan dilakukan karena terdapat persyaratan yang berubah, format baru, serta persyaratan yang belum sesuai dengan persyaratan ISO/ IEC 17025:2017. Pada tahapan Check dilakukan pemeriksaan kesesuaian rancangan manual mutu laboratorium dengan persyaratan ISO/ IEC 17025:2017. Pemeriksaan dilakukan melalui oleh dua orang ahli penanggung jawab sistem mutu dari PT.Sucofindo Padang. Pada tahapan Action dilakukan perbaikan terhadap rancangan manual mutu laboratorium berdasarkan saran perbaikan hasil check dengan melakukan diskusi kembali dengan analis dan kepala Laboratorium Lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas sehingga manual mutu laboratorium yang dihasilkan sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Universitas Andalas dalam meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium dan memperoleh akreditasi laboratorium.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Elita Amrina, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Manual Mutu, Laboratorium, ISO/IEC 17025:2017, PDCA
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik industri
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:08
Last Modified: 10 Jul 2020 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59374

Actions (login required)

View Item View Item