ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN ANSIETAS DAN MANANEMEN STRESS DENGAN TEKNIK GUIDED IMAGERY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASANGAN USIA SUBUR DI RW V KELURAHAN JATI KOTA PADANG

Yolly, Risna Vonika (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN ANSIETAS DAN MANANEMEN STRESS DENGAN TEKNIK GUIDED IMAGERY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASANGAN USIA SUBUR DI RW V KELURAHAN JATI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrack)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA oke.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PROGRAM STUDI PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Maret, 2020 Nama : YOLLY RISNA VONIKA Nomor BP : 1841313011 ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN ANSIETAS DAN MANANEMEN STRESS DENGAN TEKNIK GUIDED IMAGERY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASANGAN USIA SUBUR DI RW VKELURAHAN JATI KOTA PADANG ABSTRAK Indonesia merupakan dengan jumlah penduduk besar merupakan salah satu masalah global yang terjadi di dunia. Masalah yang terjadi mendapat perhatian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi pasangan kesehatan dan sosial penduduk yang berhubungan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi pada pasangan usia subur. Pada pasangan subur dijumpai beberapa masalah salah satunya perlunya pengaturan fertilitas (keseburan), perawatan kehamilan, persalinan yang aman, kehamilan yang tidak diinginkan dan perekenomian yang tidak memadai dapat berdampak pada keadaan psikologis menjadi terganggu seperti kecemasan yang berlebihan. Pada pasangan usia subur ditemukan masalah kecemasan sehinnga diperlukan asuhan keperawatan yang untuk mengatasinnya. Tujuan umum pada karya ilmiah akhir ini adalah mampu memberikan asuhan keperawatan jiwa secara menyeluruh terhadap pasien dengan ansietas dan mampu memberikan manajemen kasus kesehatan jiwa terhadap kelompok resiko. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 13 – 26 February 2020 dan manajemen kasus kesehatan jiwa beresiko pada tanggal 26 maret 2020. Hasil asuhan keperawatan terdapat penurunan tingkat kecemasan dari kecemasan sedang (skor 24) menjadi kecemasan ringan (skor 18). Pada penerapan manajemen kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dengan pendidikan kesehatan mengontrol ansietas pada pasangan usia subur dengan teknik guided imagery, didapatkan hasil sebelumnya peserta tidak memahami cara mengatasi ansietas setelah diberikan peserta mengetahui cara mengatasi ansietas dengan teknik yang di ajarkan. Didapatkan hasil adanya penurunan kecemasan setelah diberikan penyuluhan tentang cara mengatasi kecemasan dengan teknik relaksasi. Disarankan kepada perawat CMHN agar dapat mengimplementasikan pengelolaan kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dan melakukan kunjungan rumah untuk melakukan pembinaan yang berkelanjutan pada keluarga dengan masalah ansietas. KataKunci : Pasangan Usia Subur, ansietas, guided imagery Daftar Pustaka : 54(2002-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep.,Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 08:03
Last Modified: 07 Jul 2020 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59299

Actions (login required)

View Item View Item