ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Tn. A DENGAN KASUS ASAM URAT MELALUI PENERAPAN SENAM ERGONOMIS UNTUK MENURUNKAN KADAR ASAM URAT DI RW 5 KELURAHAN JATI KECAMATAN PADANG TIMUR

Tiara, Linalti (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Tn. A DENGAN KASUS ASAM URAT MELALUI PENERAPAN SENAM ERGONOMIS UNTUK MENURUNKAN KADAR ASAM URAT DI RW 5 KELURAHAN JATI KECAMATAN PADANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (KTI Full Text)
KIA TIARA LINALTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LAPORAN ILMIAH AKHIR NERS, Maret 2020 Nama :Tiara Linalti, S.Kep BP :1841313018 Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Tn. A Dengan Kasus Asam Urat Melalui Penerapan Senam Ergonomis Untuk Menurunkan Kadar Asam Urat Di Rw 5 Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur ABSTRAK Asam urat adalah penyakit yang terjadi karena penumpukan asam urat/ Kristal pada jaringan sendi akibat dari gangguan metabolisme purin dalam tubuh sehingga membuat kadar asam urat dalam darah meningkat dan lebih dari normal yang menyebabkan sendi mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri. Nyeri sendi menimbulkan ketidaknyamanan, keterbatasan pergerakan serta penurunan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang akan berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia. Pada pasien kelolaan ditemukan bahwa klien mempunyai masalah kadar asam urat yang tidak normal sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Penatalaksanaan nonfarmakologi artritis gout dapat dilakukan dengan melakukan senam ergonomis untuk menurunkan kadar asam urat. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien asam urat serta penerapan senam ergonomis untuk menurunkan kadar asam urat. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penurunan kadar asam urat, terbukti dengan penurunan kadar asam urat dari 7.3 mg/dl setelah diberikan senam ergonomis menjadi 4.9 mg/dl. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan dapat memberikan informasi bahwa senam ergonomis dapat menurunkan kadar asam urat pada lansia dengan asam urat. Kata Kunci: Lansia, asam urat, senam ergonomis DaftarPustaka: 54 (2007-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:06
Last Modified: 07 Jul 2020 07:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59289

Actions (login required)

View Item View Item