ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny.Y DENGAN KASUS GANGGUAN KESEIMBANGAN MELALUI PENERAPAN TERAPI CAWTHORNE DAN COOKSEY EXERCISE DI RW V KELURAHAN JATI KECAMATAN PADANG TIMUR PADANG TAHUN 2020

Risky, Firmansyah (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny.Y DENGAN KASUS GANGGUAN KESEIMBANGAN MELALUI PENERAPAN TERAPI CAWTHORNE DAN COOKSEY EXERCISE DI RW V KELURAHAN JATI KECAMATAN PADANG TIMUR PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Text)
KIA RISKY FIRMANSYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Proses penuaan pada lansia merupakan proses degeneratif atau berkurangnya daya tahan tubuh dalam menghadapi rangsangan dari dalam dan luar tubuh. Masalah fisik yang terjadi pada lansia yaitu gangguan keseimbangan yang berdampak pada kejadian jatuh terhadap lansia. Jatuh pada lansia menyebabkan cedera yang sangat serius, misalnya cedera kepala, cedera jaringan lunak dan fraktur. Latihan keseimbangan merupakan salah satu cara mengatasi gangguan keseimbangan pada lansia. Cawthorne Cooksey Exercise merupakan metode latihan keseimbangan yang telah di validasi oleh WHO mampu meningkatkan kekuatan otot untuk mengurangi resiko kejadian jatuh pada lansia. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap lansia dengan kasus gangguan keseimbangan pada lansia yang beresiko jatuh. Laporan ilmiah ini menggunakan metode kasus sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Setelah dilakukan implementasi selama 3minggu berturut-turut terjadi perbaikan skor risiko jatuh Berg Balance Exercise dari 40 menjadi 51. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan klien tentang gangguan keseimbangan dengan resiko jatuh, berkurangnya jatuh pada lansia, serta adanya perilaku pecegahan jatuh yang ditunjukkan oleh keluarga maupun klien. Saran dari laporan ini agar keluarga lebih berperan aktif dalam memperhatikan hal-hal yang membahayakan lansia dan memantau latihan keseimbangan bagi lansia. Kata Kunci : lansia, jatuh, Cawthorne Cooksey Exercise Daftar Pustaka : 58 (2005-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri,S.Kp, M.Kes, Sp.Kep.Kom
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:19
Last Modified: 07 Jul 2020 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59286

Actions (login required)

View Item View Item