Analisis Emotional Branding Radio Warna FM Padang

Indri, Dwi Yastuti Rudianto (2020) Analisis Emotional Branding Radio Warna FM Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Emotional Branding Radio Warna FM Padang Oleh : Indri Dwi Yastuti Rudianto 1510862028 Pembimbing : Yesi Puspita, S.Sos, M.Si Revi Marta, M.I.Kom Radio Warna FM Padang merupakan salah satu radio yang masih eksis di kota Padang. Terdapat berbagai usaha yang dilakukan oleh Radio Warna FM Padang untuk menarik pendengar. Salah satu di antaranya adalah dengan melakukan branding. Kegiatan branding yang dilakukan oleh Radio Warna FM Padang merupakan branding yang berorientasi pada pendengar mereka. Kegiatan tersebut dinamakan emotional branding. Pelaksanaan emotional branding yang dilakukan oleh Radio Warna FM Padang menjadikan seluruh aspek yang mereka sajikan didasari pada kebutuhan pendengar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis emotional branding yang dilakukan oleh Radio Warna FM Padang dengan menggunakan Emotional Branding Theory yang dikemukakan oleh Marc Gobé dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya Radio Warna FM Padang telah berkomitmen untuk menjadikan pendengar mereka sebagai bagian dari perusahaan dan kebutuhan pendengar sebagai acuan untuk menentukan hal-hal yang akan mereka sajikan. Radio Warna FM Padang hanya memfokuskan diri pada kelompok pendengar yang telah mereka kelompokkan pada segmentasi pendengar mereka, yaitu masyarakat yang berusia 17 – 35 tahun, energetic, bersemangat untuk mencapai sesuatu, berpikiran terbuka, dan berkarakter baik. Berdasarkan segmentasi pendengar ini, Radio Warna FM Padang pun menentukan visi perusahaan, playlist yang diputarkan, program yang diberikan, cara siaran Radio DJ, informasi yang disampaikan, iklan, materi promosi, dan media promosi yang digunakan. Selain itu, Radio Warna FM Padang juga melakukan beberapa usaha untuk terus menjaga hubungan antara perusahaan dengan pendengar. Usaha tersebut terdiri dari menggunakan nomor handphone yang terhubung dengan aplikasi whatsapp, memanfaatkan media sosial, mengadakan kuis berhadiah, dan membuat grup percakapan pada aplikasi whatsapp. Kata Kunci : Branding, Emotional Branding, Radio

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yesi Puspita, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:06
Last Modified: 29 Jun 2020 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59201

Actions (login required)

View Item View Item