KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) KEPADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) (Studi Pada PKH di Kabupaten Padang Pariaman)

Eka Ona Sutra, Eka (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) KEPADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) (Studi Pada PKH di Kabupaten Padang Pariaman). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Eka Ona Sutra dan Turnitin PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nama : Eka Ona Sutra Program Studi : Magister Ilmu Komunikasi Judul : Komunikasi Interpersonal Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) (Studi Pada PKH di Kabupaten Padang Pariaman) Penelitian ini dilatarbelakangi dari kehadiran pendamping PKH sebagai ujung tombak pemerintah dalam merubah perilaku keluarga miskin supaya bisa keluarga dari kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Pendamping PKH kepada KPM dan hambatan dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal. Teori yang digunakan adalah teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Hovland, Janis dan Kelley. Pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi interpersonal dilakukan pada aktivitas pertemuan wajib P2K2, kunjungan ke rumah dan kunjungan ke instansi yaitu dengan cara berdialog langsung dengan KPM melalui tatap muka menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal dilakukan secara lisan oleh pendamping selaku komunikator kepada KPM selaku komunikan melalui diskusi dan tanya jawab, dan komunikasi non verbal dalam bentuk sentuhan yang khusus dilakukan kepada disabilitas dan lansia. Sifat hubungan antara pendamping dan KPM yaitu saling ketergantungan karena masing-masing pihak memiliki kewajiban mendampingi dan didampingi, jika tidak dana bantuan di tangguhkan. Pendamping dan KPM berkomunikasi aktif pada setiap pertemuan sampai seluruh informasi yang dibutuhkan telah diperoleh dan KPM telah memaknai seluruh pesan yang disampaikan. Pesan yang disampaikan sehubungan dengan peningkatan kualitas hidup keluarga KPM dan pendamping tidak menggunakan media karena komunikasi dilakukan tatap muka. Untuk menciptakan komunikasi yang efektif pendamping menunjukan sikap keterbukaan, memotivasi, simpati dan empati serta kesetaraan, dan atas sikap yang ditunjukan oleh pendamping tercipta rasa kepercayaan dalam diri KPM sehingga pesan yang disampaikan oleh pendamping diterima dan dilaksanakan dengan baik oleh KPM. Sementara itu Hambatan pada komunikasi interpersonal yang dilakukan yaitu keterbatasan pengetahuan, perbedaan generasi dan keterbatasan fisik Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Program Keluarga Harapan (PKH), Pendamping PKH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, M.S
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:56
Last Modified: 09 Nov 2020 08:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59020

Actions (login required)

View Item View Item