PENGUKURAN KINERJA PENCAPAIAN TARGET SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS PILAR PEMBANGUNAN SOSIAL DALAM RPJMD KOTA BUKITTINGGI 2016-2021

Gina, Havieza Elmizan (2020) PENGUKURAN KINERJA PENCAPAIAN TARGET SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS PILAR PEMBANGUNAN SOSIAL DALAM RPJMD KOTA BUKITTINGGI 2016-2021. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SDGs perlu diukur pencapaiannya di pemerintahan tingkat kota, karena selama ini proses yang ada di tingkat nasional dan provinsi masih sebatas perencanaan dan koordinasi padahal berjalannya SDGs sudah hampir sepertiga jalan. SDGs telah disepakati upaya pelokalannya oleh perkumpulan pemerintah lokal se Asia Pasific (UCLG-ASPAC), termasuk Indonesia, dan telah diturunkan aturannya dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 7 Tahun 2018. Terutama untuk SDGs pilar pembangunan sosial dengan tingkat sinkronisasi paling tinggi di antara pilar-pilar SGDs yang lain, sinkronisasi, realisasi dan penilaian kinerja pencapaianya perlu dianalisis lebih mendalam untuk menilai sejauh mana upaya pelokalan SDGs telah berjalan, khususnya di Kota Bukittinggi. Dengan melakukan analisis dokumentasi terhadap RPJMD, LKIP, LPPD, dan LKPJ dan interview lanjutandapat dianalisis sinkronisasi, realisasi, dan penilaian kinerja pencapaian target SGDs pilar pembangunan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 dari 47 target SDGs pilar pembangunan sosial telah sinkron dengan RPJMD Kota Bukittinggi. Realisasi program terkait SDGs pilar pembangunan sosial beragam, antara ada yang tidak terealisasi karena tidak direncanakan, tidak diukur, tidak tercapai optimal, hingga yang terealisasi optimal. Penilaian kinerja pencapaian target SDGs pilar pembangunan sosial di RPJMD Kota Bukittinggi menunjukkan 7 target (14,89%) yang tidak direncanakan sama sekali, 3 target (6,38%) yang direncanakan namun tidak diprogramkan sehingga tidak diukur, target-target yang telah diprogramkan namun tidak diukur ada 11 (23,40%), tidak diukur optimal ada 10 (21,28%), dan 16 target (34,04%) yang telah diprogramkan dan diukur optimal. Alasan beragamnya penilaian kinerja pencapaian tersebut terdiri dari faktor internal pemerintahan (proses penentuan prioritas pembangunan, kemudahan pengukuran indikator, komitmen organisasi dan kemampuan sumber daya manusia) dan faktor eksternal (partisipasi masyarakat dalam pencapaian target, faktor ekonomi, dan faktor kejadian luar biasa).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, S.E., M.S., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: pelokalan SDGs, pengukuran kinerja RPJMD
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:44
Last Modified: 16 Nov 2020 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58944

Actions (login required)

View Item View Item