Asuhan Keperawatan Pasien Kanker Payudara Post Kemoterapi Dengan Penerapan Edukasi Untuk Menurunkan Tingkat Mukositis Di Ruang Bedah Wanita Rsup Dr. M. Djamil Padang

Anggi, Suganda (2020) Asuhan Keperawatan Pasien Kanker Payudara Post Kemoterapi Dengan Penerapan Edukasi Untuk Menurunkan Tingkat Mukositis Di Ruang Bedah Wanita Rsup Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img] Text (full Skripsi)
Full KIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan kanker payudarah salah satunya dengan kemoterapi. Kemoterapi dapat menimbulkan efek samping seperti mukositis. Mukositis merupakan respon peradangan sel epitel mukosa meliputi peradangan mulut, esopagus dan saluran pencernaan. Akibat dari mukositis antara lain timbulnya ketidaknyamanan pada mulut seperti rasa sakit, ulserasi, perdarahan, mulut kering serta sulit menelan sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan nutrisi yang akan berdampak pada penurunan kualitas hidup. Oleh karena itu perlu pencegahan dengan memberikan edukasi bagaimana perawatan untuk mencegah dan mengurangi mukositis. Tujuan laporan ini adalah memaparkan asuhan keperawatan kanker payudara post kemoterapi dengan pemberian edukasi mukositis sesuai EBN. Masalah keperawatan yang ditemukan pola nafas tidak efektif, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, nyeri kronis, intoleransi aktifitas dan resiko infeksi. Edukasi mukositis di berikan untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Setelah dilakukan edukasi mukositis secara komprehensif selama 10 hari didapatkan hasil penurunan tingkat mukositis pasien. Oleh karena itu disarankan perawat ruangan untuk melakukan edukasi mukositis pada semua pasien kanker payudara yang menjalani pengobatan kemoterapi. Kata Kunci : Kanker Payudara, Kemoterapi, Mukositis, Edukasi Referensi : 77 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep, Sp.KMB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:23
Last Modified: 07 Jul 2020 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58101

Actions (login required)

View Item View Item