ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN BOOKLET DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SARAPAN SEHAT DI SD NEGERI 21 LUBUK LINTAH TAHUN 2020

Dian, Novita Putri (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN BOOKLET DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SARAPAN SEHAT DI SD NEGERI 21 LUBUK LINTAH TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I ( Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V ( Penutup).pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img] Text (KIA Dian Full Text)
FULL KIA DIAN NOVITA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sarapan merupakan makanan yang dikonsumsi pada awal atau sebelum melakukan aktivitas harian. Sarapan pagi bermanfaat pada anak usia sekolah meningkatkan konsentrasi belajar, mempertahankan daya tahan tubuh, memelihara ketahanan fisik dan juga bisa membantu memenuhi kecukupan gizinya sehari-hari. Namun masih banyak anak yang mengabaikan sarapan sesuai dengan anjuran gizi seimbang. Sehingga menyebabkan menurunkan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah,mengantuk, rasa malas, lemas, lesu dan pusing serta rendahnya prestasi belajar anak. Penelitian ini memberikan pendidikan kesehatan tentang sarapan sehat dengan menggunakan media audiovisual dan booklet sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah. Pendidikan kesehatan dilakukan pada siswa kelas III yaitu sebanyak 30 orang. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada anak usia sekolah yang di evaluasi menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Pengetahuan meningkat dari 33% siswa yang memiliki pengetahuan baik pada pre-test menjadi 80% pada post-test. Sedangkan pada sikap meningkat dari 47% siswa yang memiliki sikap positif pada pre-test menjadi 80% pada post-test. Saran dari karya ilmiah ini terhadap bidang keperawatan dan pelayanan kesehatan di Puskesmas agar dapat memberikan pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual dan booklet sebagai upaya peningkatan, dan sikap tentang sarapan sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp,M.Kes, Ns, Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Sarapan Sehat, Audiovisual, Booklet , Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:16
Last Modified: 15 Jul 2020 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57997

Actions (login required)

View Item View Item