ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERAWAT DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL KLIEN DI RSI IBNU SINA PADANG TAHUN 2019

RENI, FEBRIANTI (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERAWAT DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL KLIEN DI RSI IBNU SINA PADANG TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img] Text (Tesis full taxt)
TESIS full taxt.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tuntutan untuk memberikan pelayanan keperawatan secara holistik bagi perawat diperlukan oleh rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kepuasan. Salah satu peran perawat yang sering terabaikan adalah memberikan asuhan keperawatan spiritual kepada klien. Perawat di Ruang Rawat Inap RSI Ibnu Sina Padang belum optimal dalam memberikan asuhan keperawatan spiritual. Asuhan keperawatan masih fokus pada kebutuhan biologis belum menyeluruh. Banyak faktor yang menjadi penyebab belum optimalnya pelaksanaan asuhan keperawatan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peran perawat dalam memenuhi kebutuhan spiritual klien di RSI Ibnu Sina Padang. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis bivariat dengan uji chi square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistic. Hasil Analisis deskriptif responden, peran perawat dalam memenuhi kebutuhan spiritual klien dilaksanakan (52,8%), spiritual perawat baik (58,5%), pengetahuan perawat baik (96,2%), komunikasi perawat baik (52,8%), tidak ada konflik (67,9%), Tidak sesuai peran/peran berlebihan (50,9%), tidak sesuai budaya (60,4%), keterlibatan (58,5%). Analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara spiritual perawat, komunikasi perawat, budaya dan keterlibatan terhadap peran perawat dalam memenuhi kebutuhan spiritual klien di RSI Ibnu Sina Padang. Analisis multivariat menunjukkan faktor paling dominan terhadap peran perawat dalam memenuhi kebutuhan spiritual klien yaitu komunikasi perawat (Odd Ratio 128,166). Disarankan kepada perawat untuk menerapkan asuhan keperawatan spiritual dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M. Kep
Uncontrolled Keywords: Peran perawat, , kebutuhan spiritual
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 20 Mar 2020 10:02
Last Modified: 20 Mar 2020 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57753

Actions (login required)

View Item View Item