Hubungan Kualitas Tidur dan Kuantitas Tidur Dengan Derajat Keparahan Akne Vulgaris pada Siswa Madrasah Aliyah Pesantren Shine Al-Falah

Indah, Yelmanita Putri (2020) Hubungan Kualitas Tidur dan Kuantitas Tidur Dengan Derajat Keparahan Akne Vulgaris pada Siswa Madrasah Aliyah Pesantren Shine Al-Falah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstract)
Abstract .pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1(pendahuluan).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Akne vulgaris adalah penyakit peradangan kronis pada folikel pilosebasea dengan sebab multifaktorial. Penyakit akne vulgaris merupakan penyakit yang umum pada populasi muda, dan dilaporkan saat fase pubertas kejadian akne vulgaris cenderung lebih tinggi pada jenis kelamin laki-laki dibandingkan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dan kualtitas tidur dengan derajat keparahan akne vulgaris pada siswa Madrasah Aliyah Pesantren Shine Al-Falah Padang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional pada siswa Madrasah Aliyah Pesantren Shine Al-falah yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji somer’s delta dimana hubungan antar variabel dikatakan bermakna jika nilai p value < 0,05. Total sampel penelitian adalah 53 orang. Analisis statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur dengan derajat keparahan akne vulgaris (p value = 0,153), dan terdapat hubungan yang bermakna antara kuantitas tidur dengan derajat keparahan akne vulgaris (p value = 0,021). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara kuantitas tidur dengan derajat keparahan akne vulgaris. Namun, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur dengan derajat keparahan akne vulgaris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Satya Wydya Yenny, Sp.KK(K)FINSDV FAADV
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Mar 2020 15:20
Last Modified: 16 Mar 2020 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57723

Actions (login required)

View Item View Item