EKSPLOITASI TENAGA KERJA WANITA ILEGAL DALAM NOVEL MEKKAH MEMOAR LUKA SEORANG TKW KARYA AGUK IRAWAN

Lamzana, Putri (2016) EKSPLOITASI TENAGA KERJA WANITA ILEGAL DALAM NOVEL MEKKAH MEMOAR LUKA SEORANG TKW KARYA AGUK IRAWAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cober dan abstrak)
cover dan abstrak (2).pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (3).pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (4).pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
TUGAS AKHIR (4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lamzana Putri. 2015.”Eksploitasi Tenaga Kerja Wanita Ilegal dalam Novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW (Tinjauan Sosiologi Sastra) SKRIPSI Karya Aguk Irawan. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Padang 2013. Pembimbing1 Dr.Syafril. M.Si. Pembimbing II, Dra.Hj.ArminiArbain, M.Hum. Penelitian ini dilakukan terhadap novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW yang diterbitkan Glosaria Media pada tahun 2014. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana bentuk, faktor penyebab, dan dampak konflik sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana bentuk, faktor penyebab, dan dampak konflik sosial. Penelitian ini bermanfaat bagi khasanah kesusastraan Indonesia, yakni secara teoretis penelitian ini memperkaya dunia kritik sastra Indonesia dan mengembangkan sastra sebagai disiplin ilmu, dan secara praktis penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pembaca sebagai literatur dalam memahami konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, yaitu sosiologi karya. Landasan teori yang dipakai dalam pengalisisan ini adalah teori yang dikemukakan oleh Ian Watt tentang karya merupakan gambaran kehidupan masyarakat. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan karya tertulis dari teks yang mengacu pada konflik sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca cermat, teknik analisis data dilakukan secara deskripstif kualitatif, dan penyajian hasil data dilakukan secara formal Peneliti menyimpulkan bahwa novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW adalah gambaran sikap pemerintahan Arab Saudi dan ketidakseriusan Pemerintah Indonesia dalam menangani kasus Tenaga Kerja Wanita Ilegal yang terdapat dalam novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW. Bentuk bentuk Eksploitasi terhadap Tenaga Kerja Wanita Ilegal yang terdapat dalam novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW antara lain (1) tidak diberi makan cukup (2) Pelecehan seksual (3) dipaksa bekerja tanpa waktu istirahat (3) Perlakuan Kasar dan (5) digaji dengan upah yang rendah dan dampak adalah(1) Kabur Dari Rumah Majikan (2) Jatuh Sakit (3) Trauma Berat (4) Meninggal Dunia

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Eksploitasi Tenaga Kerja Wanita Ilegal dalam Novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW, Sosiologi Sastra.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 11 Feb 2020 12:45
Last Modified: 11 Feb 2020 12:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57348

Actions (login required)

View Item View Item