Pergantian Direksi Perseroan Dan Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2010-2018)

Sarwenda, Adriana (2020) Pergantian Direksi Perseroan Dan Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2010-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melengkapi bukti empiris apakah terdapat hubungan antara proporsi pergantian direksi terhadap return on assets dan return on equity serta apakah terdapat perbedaan pada return on assets dan return on equity sebelum dan sesudah pergantian CEO dan asal CEO pengganti. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2018 dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik penarikan sampe. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan alat analisis data Wilcoxon Signed Rank Test dan Korelasi Pearson dengan software IBM SPSS 24. Hasil analisis menemukan bahwa proporsi pergantian direksi memiliki hubungan sedang, signifikan, dan tidak searah dangan kinerja keuangan baik jika diproksikan dengan ROA maupun ROE. Terdapat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah pergantian CEO yang diproksikan dengan ROA, namun tidak terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pergantian CEO jika diproksikan dengan ROE. Terdapat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah pergantian CEO dari outside yang diproksikan dengan variabel ROA dan ROE. Namun, tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah pergantian CEO dari inside baik yang diproksikam dengan ROA maupun ROE. Kata Kunci : Pergantian CEO, Pergantian CEO Outside, Pergantian CEO Inside, Pergantian Direksi, Return On Assets, Return On Equity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Ak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 29 Jan 2020 14:34
Last Modified: 29 Jan 2020 14:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57054

Actions (login required)

View Item View Item