Analisis Kesiapan Penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas: Pengujian Luder's Contingency Model (Studi Deskriptif pada Puskesmas Kabupaten Tanah Datar)

Gina, Alviyory Sabila (0023) Analisis Kesiapan Penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas: Pengujian Luder's Contingency Model (Studi Deskriptif pada Puskesmas Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan Puskesmas dalam penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Tanah Datar dengan menggunakan Luder’s Contingency Model. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan descriptive analysis. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Kabupaten Tanah Datar. Responden penelitian ini terdiri atas beberapa macam yaitu: Seksi Pelayanan Kesehatan, Bagian Keuangan, Kepala Puskesmas, dan anggota Tim BLUD Puskesmas yang berjumlah 17 orang. Data yang digunakan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, melakukan observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model luder’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kebijakan BLUD di Puskesmas Kabupaten Tanah Datar sudah tergolong baik. Dengan menggunakan model luder’s yang diaplikasi ke dalam model kontingensi akuntansi sektor publik maka terbentuk hipotesis kerja dan temuan dengan kontekstual variabel diantaranya yaitu Stimuli: reformasi keuangan. Reformasi keuangan BLUD akan dapat dipengaruhi oleh perekrutan staf, pelatihan staf dan perubahan organisasi. Ada beberapa hal yang dipandang dapat menjadi hambatan dalam penerapan kebijakan BLUD pada Puskesmas Kabupaten Tanah Datar diantaranya yaitu organisasi, sistem hukum, kualifikasi staf, dan cakupan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fauzan Misra, M.Sc, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Penerapan BLUD, Luder’s Contingency Model
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 28 Jan 2020 16:59
Last Modified: 28 Jan 2020 16:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56857

Actions (login required)

View Item View Item