KENDALA STRUKTURAL DAN PERSONAL YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH

SANTI, MARLINA (2020) KENDALA STRUKTURAL DAN PERSONAL YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BABVI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembentukan karakter kepada para pelajar di sekolah diharapkan menjadi salah satu cara untuk menciptakan generasi muda yang berilmu dan berakhlak. Masuknya pendidikan karakter ke dalam kurikulum pendidikan nasional, merupakan bukti betapa pentingnya nilai-nilai moralitas ditanamkan kepada anak-anak didik. Guru, sebagai pendidik di sekolah, menjadi tumpuan dan ujung tombak keberhasilan segala proses pembentukan karakter tersebut. Namun terkadang, dalam menjalankankan fungsinya, guru menghadapi kendala-kendala dalam memaksimalkan capaian pembentukan karakter kepada peserta didiknya. Berbagai kendala tersebut dapat berupa struktural. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kendala, baik struktural yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter terhadap siswa di sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strukturasi dari Anthony Gidden. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan terhadap objek kajian yang diteliti. Dengan metode penelitian ini di harapkan mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik. Selain itu, juga memberikan kemudahan bagi peneliti dalam menjalankan proses penelitian yang akan dijalankan dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa kendala struktural yang dihadapi guru berupa lingkungan siswa yang tidak mendukung. Lingkungan siswa yang tidak mendukung yang dimaksudkan di sini adalah dalam memenuhi tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah diperlukan adanya kerjasama yang baik antara orang tua, masyarakat dan semua pihak yang terkait langsung dalam pendidikan karakter ini. Dengan kata lain sebagai contoh bahwa adanya kerjasama yang kurang tepat adalah orang tua yang diberitahu perihal perilaku siswa/anaknya yang melanggar aturan ketika diberi sanksi, ada orangtua yang tidak setuju dengan sanksi yang diberikan pihak sekolah. Selanjutnya adalah Sarana dan prasarana sekolah yang tidak mendukung. Dengan kata lain bahwa sarana prasarana adalah salah satu faktor penunjang pendidikan penanaman karakter di sekolah. Contohnya dalam hal menanamkan nilai karakter peduli lingkungan, membutuhkan sarana berupa tersedianya tempat sampah yang memadai, tetapi hal ini belum terpenuhi secara maksimal, sehingga menyebabkan masih banyaknya sampah yang berserakan. Kemudian kebijakan yang tidak lancar menjadi kendala selanjutnya dalam penanaman karakter di sekolah. Selanjutnya organisasi yang kurang menegakkan aturan, belum tercapainya standar minimal pendidikan karakter, serta konflik internal guru. Jika dihubungkan penelitian ini dengan teori yang digunakan dapat disimpulkan bahwa guru sebagai struktur dalam kehidupan social adalah sebagai aturan dan sebagai sumberdaya. Sebagai sebuah struktur guru merupakan seperangkat aturan yang mesti diikuti oleh siswa disekolah, dan sebagai sebuah sumberdaya guru merupakan sumberdaya kewenangan (authoritative), dimana sebagai agen guru mempunyai kewenangan memberikan sanksi pada siswa sebagai pelaksana kewenangan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Azwar, M.Si
Uncontrolled Keywords: karakter, guru, sekolah, pelajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 16:14
Last Modified: 28 Jan 2020 16:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56844

Actions (login required)

View Item View Item