FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPRESI EMOSI PADA CAREGIVER PENDERITA SKIZOFRENIA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA PROF H.B. SAANIN PADANG

Amalia, Rizki Wahyuni (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPRESI EMOSI PADA CAREGIVER PENDERITA SKIZOFRENIA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA PROF H.B. SAANIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak fix.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap caregiver memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda-beda dalam mengekspresikan emosinya ketika berbicara tentang penderita skizofrenia. Namun pada dasarnya terdapat suatu kesamaan yang mendasari tindakan mereka, yaitu sama-sama bertujuan untuk mendukung kepulihan penderita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ekspresi emosi yang ditampilkan caregiver selama merawat penderita di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Prof. H.B. Sa’anin Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, yaitu caregiver skizofrenia yang terdiri dari anak kandung penderita (informan 1), ibu kandung penderita (informan 2), dan saudara kandung penderita (informan 3). Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ekspresi emosi dipengaruhi oleh kerja sama antara caregiver, penderita, anggota keluarga lainnya, dan lingkungan sekitar. Selama merawat penderita, caregiver mengekspresikan emosi mereka dalam bentuk ekspresi emosi positif dan ekspresi emosi negatif. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ekspresi emosi, yaitu faktor yang berasal dari internal dan eksternal keluarga. Faktor internal terdiri dari faktor keprbadian keluarga, faktor atribusi keluarga, dan faktor kontrol perilaku. Selanjutnya, faktor eksternal keluarga berupa adanya kendala pengobatan dan dukungan yang bersumber dari eksternal keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelia Afriyeni, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Ekspresi Emosi, Caregiver, Skizofrenia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 16:16
Last Modified: 28 Jan 2020 16:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56800

Actions (login required)

View Item View Item