PERBAIKAN BEBERAPA SIFAT FISIKA-KIMIA TANAH PSAMMENT DENGAN PEMBERIAN BIOCHAR DAN MULSA JERAMI PADI TERHADAP HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays)

Sella, Susriana (2020) PERBAIKAN BEBERAPA SIFAT FISIKA-KIMIA TANAH PSAMMENT DENGAN PEMBERIAN BIOCHAR DAN MULSA JERAMI PADI TERHADAP HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian biochar dan mulsa jerami padi terhadap beberapa sifat fisika-kimia tanah Psamment serta hasil tanaman jagung (Zea mays). Penelitian ini telah dilaksanakan di Nagari Kataping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat dan di Laboratorium Jurusan Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini merupakan percobaan lapangan yang dilakukan dari bulan April sampai Desember 2019. Terdapat 4 perlakuan yaitu Kontrol/K (tanpa biochar dan mulsa jerami padi), perlakuan MJ (mulsa jerami padi 10 ton/ha), perlakuan B (biochar 20 ton/ha), dan perlakuan B+MJ (biochar 20 ton/ha + mulsa jerami padi 10 ton/ha) dengan 3 ulangan. Satuan percobaan di alokasikan di lapangan berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Data hasil penelitian dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA) dan selanjutnya apabila hasil yang diperoleh berbeda nyata ( F hitung lebih besar dari F tabel 5%) dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian terbaik terdapat pada perlakuan B+MJ (biochar 20 ton/ha + mulsa jerami padi 10 ton/ha) karena mampu menurunkan nilai berat volume tanah sebesar 0,23 g/cm3, meningkatnya total ruang pori tanah 4,64 %, meningkatkan pori air tersedia 4,6 %volume, meningkatkan kandungan bahan organik tanah 1,26%, meningkatkan pH tanah 0,19 unit, meningkatkan N total 0,04% P tersedia 22,87 ppm dan KTK 5,9 me/100g. Meningkatkan kandungan N dan P tanaman (0,07%; 0,008 ppm) serta menunjukkan tinggi tanaman tertinggi (235,80 cm) dan hasil (berat tongkol berbiji) tertinggi yaitu mencapai 10,13 kg/plot. Kata kunci: Psamment, biochar, mulsa, jagung

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrinal, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 27 Jan 2020 11:37
Last Modified: 27 Jan 2020 11:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56503

Actions (login required)

View Item View Item