Nur, Rahmi (2020) PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PEMBAYARAN GAJI PADA PT. PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO)CABANG TELUK BAYUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Setiap perusahaan harus dikelola dengan baik agar tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dapat tercapai. Tujuan perusahaan tersebut dapat dilihat dari visi dan misi yang dibuatnya. Dalam mewujudkan visi dan misinya, perusahaan dapat memanfaatkan kinerja maksimal bagi perusahaaan tersebut. Oleh karena itu untuk mewujudkannya, diperlukan sumber daya manusia yang terampil dan handal di bidangnya. Salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan yaitu dengan jalan meningkatkan kompetensi individu karyawan pada perusahaan tersebut. Salah satu hal yang paling efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan sistem penggajian yang baik dikarenakan masalah gaji bagi karyawan merupakan hal yang sensitif dan berpengaruh langsung pada produktivitas kerja individu sedangkan bagi perusahaan, sistem gaji yang telah ada bukan semata-mata hanya untuk memenuhi peraturan pemerintah dalam kaitannya dengan Upah Minimum Regional (UMR), tetapi yang lebih penting lagi yaitu untuk menciptakan keseimbangan antara apa yang diberikan karyawan pada perusahaan diimbangi oleh apa yang diberikan perusahaan untuk karyawannya (Mulyadi, 2016). Hal ini tampaknya sederhana, tetapi dalam prakteknya sangatlah sulit, terlebih lagi bila perusahaan belum memiliki sistem gaji yang mengacu pada obyektivitas beban kerja (work load) bagi para karyawannya. Apabila perusahaan telah memiliki sistem gaji melalui pendekatan metode tertentu yang bersifat kuantitatif, akan sangat membantu bagi penyelenggaraan pemeliharaan sumber daya manusia, sehingga akan menciptakan keadaan saling menguntugkan bagi perusahaan dan karyawannya. Sistem penggajian dapat dikatakan baik apabila telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dengan cara menyeimbangkan antara peraturan pemerintah dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan serta menjalankan pengendalian intern sesuai ketentuan yang berlaku. Apabila sistem penggajian di suatu perusahaan telah dijalankan dengan baik, maka diharapkan dapat dihasilkan informasi tentang penggajian yang memadai tepat waktu dan akurat. Sehingga akan memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan, efektivitas dan efisiensi penggajian karyawan perusahaan dapat tercapai (Mulyadi, 2016). Pengendalian Internal ialah suatu proses yang dipengaruhi oleh dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya, yang dirancang untuk mendapat keyakinan memadai tentang pencapaian tujuan dalam hal–hal berikut: keandalan pelaporan keuangan, kesessuaian dengan undang–undang, dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan efesiensi operasi (Mulyadi, 2016). Tujuan sustem pengedalian intern adalah untuk membantu pimpinan agar perusahaan dapat mencapai tujuan dengan efesien. Tujuan pengendalian intern adalah untuk memberikan keyakinan memadai dalam pencapaian tiga golongan yaitu : keandalan informasi keuangan, kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan efesiensi operasi. Keharusan perusahaan untuk menerapkan sistem pengendalian intern untuk mencegah terjadinya penyelewengan dan tindak kecurangan–kecurangan yang merugikan, serta penerapan sistem pengendalian intern secara baik yang diharapkan dapat meningkatnya kinerja karyawan (Mulyadi, 2016). (Mulyadi, 2016) sistem pengendalian intern bermanfaat untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi serta mendorong efesiensi, mendorong dipatuhinya kebijakkan manajemen, bermanfaat bagi perusahaan, karena dengan sistem ini dapat mengamankan harta perusahaan, serta dapat diperolehnya data yang dapat dipercaya mengenai informasi perusahaan yang akurat, sehingga dengan begitu akan mendorong ditaatinya kebijakan– kebijakan manajemen oleh para karyawan. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) salah satu perusahaan benefit yang bergerak di bidang pelayaran, melayani penyediaan lalu lintas tempat berlabuhnya kapal, jasa yang berhubungan dengan pemanduan kapal, serta jasa lainnya yang berhubungan dengan pemanduan kapal, serta jasa lainnya yang berhubungan dengan kepelabuhan. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) telah menjalankan Single Payment Payroll atas sistem penggajiannya sejak bulan Agustus 2013 dan terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam menjalankan sistem baru ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Denny Yohana, SE., M.Si,Ak, CA |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam |
Depositing User: | d3 keuangan keuangan |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 10:05 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 10:05 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56358 |
Actions (login required)
View Item |