PEMANFAATAN WAKTU LUANG SEBAGAI SUATU GAYA HIDUP BAGI PELAJAR DI KOTA PADANG (Studi Kasus: 5 Orang Pelajar SMA Negeri 6 Padang)

ADE, PERMATA SAQINAH (2019) PEMANFAATAN WAKTU LUANG SEBAGAI SUATU GAYA HIDUP BAGI PELAJAR DI KOTA PADANG (Studi Kasus: 5 Orang Pelajar SMA Negeri 6 Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3 BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5 SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan waktu luang pelajar. Aktivitas-aktivitas apa saja yang mereka lakukan pada waktu luang, sehingga menjadikannya sebagai suatu gaya hidup. Pentingnya kajian mengenai remaja tidak hanya karena tantangan jumlahnya yang sedemikian besar, tetapi pertanyaan mengenai dimana tantangan itu berlangsung, membutuhkan perhatian sendiri. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hal inilah yang sedang nyata terjadi di kehidupan kita saat ini. Dan segala hal terkait persoalan remaja dapat dengan mudah kita temui di berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengetahuan pelajar tersebut terhadap waktu luang dan gaya hidup, aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan di waktu luangnya, serta analisis terhadap waktu luang menjadi suatu gaya hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, serta membagi informan kunci, informan biasa dan informan tambahan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kebudayaan kognitif, pemanfaatan waktu luang, dan gaya hidup. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelajar sudah cukup tahu tentang apa itu waktu luang, gaya hidup, dan pemanfaatannya. Aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan pada waktu luang juga beragam. Mulai dari berkumpul dengan teman-teman sebaya, melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di sekolah, mengikuti les atau tambahan belajar, sampai pada bekerja untuk menambah uang saku. Pekerjaan yang dilakukan pun beragam, ada yang berjualan online, bekerja di tempat pencucian motor, sampai mengajar mengaji di mushalla di lingkungan tempat tinggalnya. Aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan sudah menjadi sebuah kebutuhan karena jika tidak melakukan salah satunya, mereka akan merasa ada yang kurang dalam kesehariannya. Itulah yang menyebabkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan di waktu luang tersebut menjadi sebuah gaya hidup bagi pelajar tersebut. Kata kunci: waktu luang, gaya hidup, pelajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Setiawati, M.A
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:34
Last Modified: 27 Jan 2020 10:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56341

Actions (login required)

View Item View Item