Komunikasi Guru Dengan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Komunikasi Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Solok Selatan

JETAS, RAHMAN (2020) Komunikasi Guru Dengan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Komunikasi Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Solok Selatan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT THESIS)
FULL TEXT THESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses komunikasi dalam pembelajaran merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang khusus terjadi di lingkungan sekolah khususnya pada proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis komunikasi guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris baik secara verbal maupun nonverbal serta metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Penetapan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan model analisis Miles dan Huberman dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi pembelajaran guru menggunakan komunikasi secara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris yang dicampur dengan bahasa Indonesia dengan didukung oleh komunikasi nonverbal sehingga peserta didik lebih mengerti. Selain itu, guru juga menggunakan beberapa metode pembelajaran untuk mendukung komunikasi tersebut yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa di sekolah ini tidak hanya terjadi di dalam kelas saja tetapi juga di luar kelas, namun penggunaan bahasa Inggris di luar kelas tidak terlalu banyak dipakai. Penggunaan bahasa Inggris hanya terbatas pada sapaan atau bahasa-bahasa sederhana saja kecuali jika pembelajaran dilakukan di luar kelas maka bahasa Inggris lebih banyak dipakai.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Afrizal, MA
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Guru dengan Peserta didik, Proses Komunikasi Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Jan 2020 09:46
Last Modified: 27 Jan 2020 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56330

Actions (login required)

View Item View Item