STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SONGKET SILUNGKANG DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Songket Silungkang Kota Sawahlunto)

Miftahul, Jannah (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SONGKET SILUNGKANG DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Songket Silungkang Kota Sawahlunto). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
fix cover abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I fix.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V FIX.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka fix.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL MIFTAHUL JANNAH fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sejak tahun 2015 Indonesia sudah dihadapkan dengan implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menjadi titik kunci bagi negara dalam meningkatkan dan mengembangkan perekonomian khususnya pada bidang ekonomi kreatif. Songket Silungkang salah satu produk ekonomi kreatif yang dikembangkan di Kota Sawahlunto dan mengalami kenaikan penjualan terhitung sejak masuknya MEA. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Songket Silungkang di Era Masyarakat Ekonomi Asean.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian didapatkan dalam kegiatan komunikasi pemasaran Songket Silungkang oleh UMKM Songket terdapat tujuh konsep Integrated marketing communication diantaranya periklan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran via internet, event serta word of mouth. Dalam pelaksanaanya terdapat peran pemerintah sebagai fasilitator pada event dan pameran yang membuat aturan wajib bagi masyarakat dan peserta acara untuk mengenakan songket pada acara yang diselenggarakan pemerintah. Selanjutnya pada periklanan menjadi salah satu media yang dihentikan karena tidak memberikan pengaruh penjualan bagi informan. Untuk dapat mempertahankan diri pada persaingan yang kompetitif, informan merancang strategi sedemikian rupa seperti mengelompokkan produk sesuai dengan kelas produk yang ditawarkan untuk mendapatkan konsumen yang lebih spesifik. Kemasan juga dijadikan sebagai salah satu alat dalam pengelompokkan produk yang akan ditawarkan membentuk kepercayaan konsumen bahwa produk yang ditawarkan adalah produk premium. Selain itu membina hubungan personal yang baik dengan reseller adalah salah satu strategi untuk memperluas dan mempertahankan jaringan pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. ERNITA ARIF, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, IMC, Songket Silungkang, Masyarakat Ekonomi Asean.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:48
Last Modified: 24 Jan 2020 15:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56306

Actions (login required)

View Item View Item