HUBUNGAN NILAI-NILAI PROFESIONAL DENGAN SIKAP AGEISME MAHASISWA PROGRAM PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

Putri, Jelita (2020) HUBUNGAN NILAI-NILAI PROFESIONAL DENGAN SIKAP AGEISME MAHASISWA PROGRAM PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ageisme merupakan stereotip positif atau negatif, prasangka, dan diskriminasi terhadap lansia karena usia kronologis mereka. Sikap ageisme pada mahasiswa keperawatan dapat mempengaruhi kualitas perawatan kesehatan lansia saat menjalani praktik keperawatan. Munculnya sikap ageisme pada mahasiswa dipengaruhi oleh penerapan nilai-nilai profesional keperawatan. Nilai-nilai profesional yang akan mengarahkan sikap ageisme mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai-nilai profesional dengan sikap ageisme mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan dari Januari 2019 – Januari 2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada 55 orang responden yang sedang dan telah menjalani siklus Keperawatan Gerontik, dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Nurses Professional Values Scale-Revised (NPVS-R) dan Ageism Attitude Scale (AAS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 52,7% responden memiliki nilai-nilai profesional yang baik dan sebanyak 52,7% responden memiliki sikap ageisme negatif. Hasil uji statistik chi square menunjukkan ada hubungan bermakna antara nilai-nilai profesional dengan sikap ageisme mahasiswa (p=0,000). Diharapkan fakultas dapat meningkatkan nilai-nilai profesional mahasiswa melalui evaluasi praktik klinis dan menyediakan modul tentang keperawatan gerontik untuk meningkatkan pengetahuan tentang lansia dan mengarahkan sikap ageisme mahasiswa secara positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Susmiati, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Ageisme, Mahasiswa Keperawatan, Nilai-nilai profesional
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Jan 2020 11:54
Last Modified: 27 Jan 2020 11:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56253

Actions (login required)

View Item View Item