Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Pada Perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja Di PT. Dayatama Polanusa

Putra, Davi Tama (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Pada Perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja Di PT. Dayatama Polanusa. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full - Davi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Perjanjian kerja merupakan awal lahirnya hubungan kerja antara Pekerja dengan Perusahaan. Perusahaan pada bidang usaha sektor Minyak dan Gas banyak sekali mempekerjakan Pekerja dengan sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) untuk menekan biaya Pekerja demi meningkatkan keuntungan Perusahaan dan pada prakteknya banyak penerapan sistem PKWT yang tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan aturan hukum lain yang mengatur tentang Ketenagakerjaan, sehingga menyebabkan kerugian dan menghilangkan perlindungan terhadap Pekerja dengan sistem PKWT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah a. bagaimana perlindungan hukum terhadap Pekerja dengan sistem PKWT di PT. Dayatama Polansa? b. apa saja permasalahan dalam pemberian perlindungan hukum terhadap Pekerja dengan sistem PKWT di PT. Dayatama Polanusa serta bagaimana penyelesaiannya? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan yang menekankan pada praktek lapangan dikaitkan dengan aspek hukum atau perundang-undangan yang berlaku. Hasil penelitian ini menyimpulkan bawah pelaksanaan perlindungan terhadap Pekerja dengan sistem PKWT di PT. Dayatama Polanusa masih terdapat berbagai permasalahan yang disebabkan karena kurang jelasnya peraturan tentang penerapan sistem PKWT, sehingga terjadi penyimpangan terhadap pelaksanaan sistem PKWT tersebut. Permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan PKWT terhadap pemberian perlindungan Pekerja antara lain adalah permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan peraturan, isi perjanjian kerja, dan dari Perusahaan Pemberi Kerja. Peyelesaian untuk permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan peraturan yaitu sebaiknya Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera melakukan perbaikan terhadap peraturan yang kurang jelas tetang Pekerja dengan sistem PKWT, untuk permasalahan yang berkaitan dengan isi perjanjian kerja sebaiknya Pemerintah khususnya Dinas Ketenagakerjaan perlu melakukan pengawasan terhadap format perjanjian kerja yang dibuat oleh Perusahaan pada saat pendaftaran PKWT, dan untuk permasalahan yang berkaitan dengan Perusahaan Pemberi Kerja sebaiknya PT. Dayatama Polanusa harus melakukan komunikasi yang baik dengan Perusahaan Pemberi Kerja terkait isi perjanjian kerja yang mengatur hak dan kewajiban Pekerja dan juga perjanjian kerja yang dibuat merujuk pada Pasal 54 Undang-Undang Ketenagakerjaan yang mencantumkan hak dan kewajiban kedua belah pihak secara jelas agar tercapainya suatu perlindungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Busyra Azheri, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pekerja, dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 24 Jan 2020 12:37
Last Modified: 24 Jan 2020 12:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56220

Actions (login required)

View Item View Item